Cara Submit Sitemap ke Google Search Console

Cara Submit Sitemap ke Google Search Console - Agar artikel/ konten yang baru kita update bisa segera diindeks oleh Google, salah satu cara yang direkomendasikan adalah dengan cara men-submit sitemap ke Google Search Console.

Untuk kamu yang belum tahu bagaimana caranya, silahkan baca tutorial singkat ini agar konten di website/ blog kamu lebih mudah dan cepat terindeks oleh Google.

Bahan yang diperlukan

  1. Koneksi Internet
  2. Akun Google

Alat yang diperlukan

  1. Laptop/ Komputer/ Handphone

Estimasi Waktu: 5 menit.

Panduan Pengerjaan

Langkah 1 - Masuk ke Google Search Console

Pertama, silahkan kamu masuk ke Google Search Console menggunakan akun Google kamu. Jika sudah, maka tampilannya akan seperti gambar di atas. Saya asumsikan kamu sudah memverifikasikan url blog/ website kamu di Google Search Console. Jika belum, kamu bisa membaca artikel Cara Mendaftarkan Website/ Blog Ke Google.

Langkah 2 - Masuk ke menu Sitemap

Langkah selanjutnya setelah berada di halaman awal Google Search Console adalah masuk ke halaman Sitemap dengan menekan tombol Peta Situs atau Sitemap yang ada seperti pada gambar di atas.

Langkah 3 - Masukan alamat sitemap

Setelah itu, kamu akan melihat tampilan seperti pada gambar di atas. Silahkan kamu masukkan url sitemap website atau blog kamu di kolom yang tersedia di nomor 1 sesuai pada gambar. Jika sudah silahkan tekan tombol submit.

Penutup

Selesai.

Sekarang kamu sudah mensubmit sitemap kamu ke Google Search Console.

Format Penulisan Sitemap

Umumnya penulisan alamat sitemap adalah seperti ini:

domain kamu/sitemap.xml

Contohnya seperti ini:

https://www.ninura.com/sitemap.xml

Kalau kamu menggunakan platform Blogger.com besutan Google, maka format dari sitemap adalah seperti itu. Dan kalau kamu menggunakan platform Blogspot ini, kamu juga bisa menambahkan sitemap alternatif versi RSS dan ATOM dengan memasukkan format seperti ini:

RSS: domain kamu/rss.xml

ATOM: domain kamu/atom.xml

Untuk platform/ CMS lain seperti Joomla, Wordpress, Drupal dan lainnya harusnya sama seperti format penulisan sitemap pada umumnya yaitu:

domain kamu/sitemap.xml

Namun perlu saya ingatkan untuk memastikan hal tersebut terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan biasanya nama file xml untuk sitemap di CMS lain berbeda-beda tergantung plugin yang digunakan untuk membuat sitemap.

Catatan

Lakukan proses ini setelah website/ blog kamu mempunyai setidaknya 1 konten artikel karena jika tidak akan terjadi error fetching pada saat kamu men-submit sitemap kamu.

Jika kamu sudah melakukan submit sitemap, yang perlu kamu lakukan adalah mengupdate konten web atau blog kamu. Kamu bisa baca artikel saya yang berjudul Perlukah Submit Manual di Google Search Console? sebagai tambahan referensi untuk kamu.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan kali ini. Semoga tulisan sederhana ini bisa bermanfaat untuk kamu dan untuk saya pribadi. Jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan melalui kolom komentar di bawah.

Terima kasih dan sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya.

Komentar

Sebelum Posting Komentar

Harap berikan komentar yang relevan dengan topik tulisan.
Jangan menyertakan link yang tidak berhubungan dengan konten tulisan. Apabila komentar mengandung link (apalagi yang tidak relevan), maka komentar akan dihapus.
Budayakan sopan santun, hindari penggunaan bahasa yang provokatif, SARA, pornografi.
Kritik dan saran yang membangun untuk konten ataupun untuk blog sangat berarti bagi Ninura.