4 Ide Bisnis Online Yang Menjanjikan - Ninura
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

4 Ide Bisnis Online Yang Menjanjikan

Ide Bisnis Online Yang Menjanjikan - Di zaman sekarang, hampir semua usaha bersinggungan dengan internet. Internet menawarkan banyak kemudahan bagi penggunanya. Jadi, sangat sayang sekali kalau kamu tidak memanfaatkan kehadiran internet ini untuk memulai meraup pundi rupiah atau bahkan dolar untuk rekeningmu.

Namun, mungkin masih ada diantara kamu yang bingung dan bertanya-tanya,

Kalau mau usaha online, mau ngapain ya?

Untuk menjawab pertanyaan itu, kamu bisa coba salah satu atau beberapa ide bisnis yang akan saya coba jelaskan di bawah ini. 

Daftar isi

1. Content Creator/ Influencer

Semakin besarnya platform yang ada saat ini membuat dunia konten di internet semakin menjanjikan. Internet juga mempermudah kita untuk mengekspresikan diri dan menunjukkan bakat kita, pengetahuan kita, dan karya kita ke banyak orang.

Orang-orang seperti itu sekarang dikenal sebagai content creator atau influencer yang berarti orang yang membuat konten atau orang yang memberi dampak.

Ya, menjadi seorang content creator adalah salah satu pilih yang bisa kamu coba untuk dijadikan ide bisnis karena ranah ini sangat menjanjikan. Banyak kan kita dengar kisah sukses dari para content creator, entah itu blogger, Youtuber, Selebgram, Selebtweet, Tiktokers, dan content creator lain.

Kamu bisa jadi salah satunya.

Banyak platform yang bisa kamu coba untuk mulai menjadi seorang content creator, namun beberapa yang saya rekomendasikan adalah:

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Tiktok

Kenapa dengan platform di atas? Platform lain gimana?

Saya merekomendasikan platform-platform di atas karena alasan jumlah minat dan pengguna di Indonesia yang masih/ sedang tinggi sehingga kemungkinan kamu mendapat attention dan trafik lebih besar.

Adapun kalau kamu mau mencoba peruntungan kamu di platform lain, kamu sangat bisa dan tidak ada larangan untuk itu.

Hanya saja, kamu bisa memulai dari platform di atas. Setelah kamu mendapatkan audience dan trust dari audience kamu, kamu bisa merambah ke platform yang lain, kok.

Namun perlu diketahui bahwa menjadi seorang content creator bukanlah tentang membuat konten saja. Di dalamnya, kamu akan berkenalan dengan branding atau self-branding, riset keyword dan topik, dan banyak hal lain yang tentunya perlu waktu untuk mendalaminya.

Yang jelas, menjadi content creator dapat jadi salah satu ide untuk usaha online-mu dari rumah.


2. Affiliate Marketing

Bisnis afiliasi  adalah sebuah kegiatan dimana kita mempromosikan barang milik orang lain lalu mendapatkan komisi untuk setiap closing yang terjadi dari kita. Ini adalah salah satu opsi ide bisnis online yang menjanjikan karena komisi yang ditawarkan oleh owner kepada marketer mereka terbilang tinggi.

Jika kamu adalah tipikal orang yang sangat senang mempromosikan sesuatu, menjajal hal baru, atau senang dengan riset angka dan tren, menjadi seorang affiliate marketer bisa kamu jadikan ide bisnis online untukmu.

Untuk memulai bisnis afiliasi seperti ini, kamu bisa mencobanya dengan bergabung di marketplace besar yang membuka peluang afiliasi seperti:

Masih banyak platform lain yang bisa kamu jajal dan temukan di internet. Kamu bisa cari di Google dengan kata kunci, "Bisnis Afiliasi". Temukan jenis produk yang sesuai dengan keinginan kamu untuk diajak kerjasama dalam program afiliasi.


3. Dropshipping / Reseller

Dropshipping atau reseller adalah sebuah konsep bisnis yang bisa kamu jajal. Dropship adalah kegiatan menjual barang milik orang lain dengan cara menawarkan barang tersebut, jika ada closing barulah kita order barang yang dipesan ke supplier. Ide bisnis seperti ini bisa juga disebut 'ide bisnis tanpa modal'.

Kenapa? Karena kamu tidak perlu mengeluarkan uang terlebih dahulu. Memang ada beberapa supplier yang mengharuskan kita untuk melakukan registrasi berbayar, namun jika kamu berusaha, kamu bisa menemukan supplier yang tidak sama-sekali memungut biaya registrasi.

Apa bedanya dropship / resell dengan afiliasi?

Kalau ada yang bertanya seperti itu, maka jawabannya adalah hampir sama. Hampir. Namun, ada beberapa perbedaan mendasar, diantaranya:
  • Dalam bisnis afiliasi, closing terjadi di halaman pemilik produk sedangkan bisnis dropship atau resell bisa langsung ke kamu.
  • Dalam bisnis afiliasi, materi sudah ada dan sudah matang dari pemilik produk sehingga kamu tidak usah memikirkan konsep materi, kamu hanya perlu share dan promosi sedangkan untuk dropship dan resell biasanya materinya terbatas dan kita harus mengembangkan materi tersebut.
  • Bisnis afiliasi mengharuskan kita untuk selalu menggunakan nama brand dari pemilik produk sedangkan dalam dropship dan resell, kita bisa menggunakan nama kita/ nama brand kita sendiri untuk menjual produk. Itupun kalau produk yang ditawarkan white-label.

Kamu bisa mencari supplier kamu sendiri dengan bertanya ke setiap toko atau supplier online yang sekiranya membuka peluang bisnis dropship & resell. Namun, sebagai referensi saya akan beri beberapa opsi yang bisa kamu coba.

  • Bandros
  • SahabatDropshipper
  • Ninura Dropship & Resell
Ya, sebentar lagi, Ninura juga akan launching program Dropship dan Resell yang harapannya bisa membantu kamu untuk membangun usaha online-mu sendiri. Untuk info lebih lengkap, akan dijelaskan di konten lain.


4. Jualan Online

Kalau kamu adalah salah seorang pemilik bisnis atau usaha sendiri, maka kamu bisa memanfaatkan internet dan e-commerce untuk meningkatkan omzet dan profit usaha kamu. Kamu bisa membuat toko online kamu sendiri ataupun memanfaatkan marketplace ternama di Indonesia untuk memajangkan produk kamu.

Beberapa marketplace yang patut kamu coba diantaranya:

  • Lazada
  • Shopee
  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • JD.ID
  • Blibli
  • Elevenia
  • Zilingo

Masih ada beberapa marketplace lain yang bisa kamu coba, kok. Itu adalah beberapa marketplace besar saja yang di Indonesia namanya cukup familiar. Kamu bisa memanfaatkan salah satu atau beberapa marketplace-marketplace tersebut untuk memasarkan produk kamu.

Untuk tutorial lebih lengkap tentang marketplace, akan saya bagikan di artikel selanjutnya.


Itulah beberapa ide bisnis yang bisa kamu coba untuk saat ini. Daftar ini akan terus di-update sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan di internet. Ada banyak kemungkinan yang terjadi. Silahkan tentukan pilihanmu dari sekarang.

Jika menurutmu artikel ini bermanfaat, silahkan di share, dan jika ada yang kurang atau membingungkan atau salah, silahkan beritahu kamu melalui kolom komentar di bawah. Baca juga artikel kami yang bertajuk Daftar Backlink Berkualitas Gratis Terbaru untuk SEO.

Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.

NOTE

Informasi yang terdapat pada artikel di atas bersifat tidak tetap dan bisa saja tidak lagi valid sewaktu-waktu. Jika ada informasi baik teks, gambar, link ataupun media lain yang tidak sesuai atau rusak, silahkan beritahu melalui kolom komentar agar artikel di atas dapat di-update. Terima kasih.

Nisfa Nurfadilah Rachmaniar
Nisfa Nurfadilah Rachmaniar Halo, saya Nisfa. Saya adalah pengelola dari Ninura, sebuah online shop yang sekaligus media informasi dan hiburan melalui beberapa anak situsnya. Salam kenal, dan semoga betah di Ninura.

Sitemap

Histats