Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Aturan Waktu yang Tepat Minum Obat

Aturan Waktu yang Tepat Minum Obat - Sampai saat ini masih banyak orang yang tidak paham aturan waktu minum obat yang tepat. Ketika menebus resep atau membeli obat, kamu dianjurkan untuk membaca dengan baik aturan pakai pada label/brosur/etiket di kemasan obat tersebut. Itu penting dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan pada kerja obat itu sendiri. Karena setiap obat resep maupun obat bebas memiliki cara kerja dan kegunaannya masing-masing.

Contoh Kasus

Jika mendapat obat resep dengan aturan minum 3 x 1, bagaimana cara kamu menentukan waktu untuk meminumnya? Apakah hanya sekedar pagi, siang, dan malam? Itu tidak tepat ya!

Aturan minum obat 3 x 1, itu artinya dalam satu hari (24 jam) kamu meminum obat sebanyak 3 kali. Yang dimana kamu harus minum obat setiap 8 jam sekali untuk 3 kali dalam sehari.

Misal, obat pertama kamu minum di waktu pagi hari pukul 7. Maka dosis kedua kamu harus minum obat 8 jam setelahnya, yaitu pukul 3 sore. Dan dosis terakhir pukul 11 malam.

Mengapa harus seperti itu?

Agar obat dapat bekerja dengan efektif di dalam tubuh. Jika masih asal-asalan meminum obat bisa jadi nanti bukannya sembuh malah tambah sakit karena obat yang diminum tidak bekerja dengan tepat.

Lalu bagaimana dengan aturan minum obat sebelum atau setelah makan?

Aturan minum obat sebelum makan itu artinya kamu harus minum obat 30 menit sebelum makan. Begitu juga jika aturannya setelah makan. Kamu harus minum obat 30 menit setelah makan. Bukan setelah makan langsung minum obat, tetapi tunggu 30 menit setelah makan.

Bagaimana jika kamu harus minum obat jam 7 pagi, apa jam 7 itu makan lalu setelahnya minum obat? 

Jika jam 7 pagi kamu harus minum obat, dan aturannya setelah makan. Maka 30 menit sebelum kamu minum obat jam 7, kamu harus makan terlebih dahulu. Namun jika aturan minum obatnya sebelum makan. Maka jam 7 kamu bisa minum obat terlebih dahulu dan setelahnya adalah makan. 

Itulah sedikit sharing tentang aturan waktu yang tepat untuk minum obat atau cara membaca aturan waktu minum obat. Karena kita sudah bahas bareng-bareng, yuk jangan sampai salah lagi ya minum obatnya, agar kita sama-sama sehat. Jika ada yang kurang jelas, silahkan tanyakan melalui kolom komentar. Semoga konten ini bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya.


Nisfa Nurfadilah Rachmaniar
Nisfa Nurfadilah Rachmaniar Halo, saya Nisfa. Saya adalah pengelola dari Ninura, sebuah online shop yang sekaligus media informasi dan hiburan melalui beberapa anak situsnya. Salam kenal, dan semoga betah di Ninura.

Berlangganan via Email