Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke Berlangganan Lompat ke footer

Cara Cek Kecepatan Loading Blog di GTMetrix

Cara Cek Kecepatan Loading Blog di GTMetrix - Loading blog adalah salah satu faktor sukses dari sebuah blog. Para pakar SEO dan orang-orang dari pihak search engine seperti Bing dan Google sepakat bahwa loading blog berpengaruh besar bagi user experience.

Maka dari itu, kamu perlu perhatikan baik-baik performa loading website/ blog kamu. Ini supaya orang yang berkunjung ke blog kamu nggak minggat karena loading yang berat.

Kali ini saya akan coba share sedikit tutorial tentang cara cek performa loading website/ blog kamu menggunakan tool GTMetrix.

Bahan yang diperlukan

  1. Koneksi Internet

Alat yang diperlukan

  1. Laptop/ Komputer/ Handphone

Estimasi Waktu: 5 menit.

Panduan Pengerjaan

Langkah 1 - Masuk ke situs GTMetrix.com

Langkah pertama, silahkan kamu masuk ke situs GTMetix.com. Kamu bisa klik link ini: https://gtmetrix.com/ untuk langsung menuju ke situs yang dimaksud. Setelah itu, silahkan kamu masukkan URL halaman website yang ingin kamu analisa performanya di kolom yang tersedia kemudian tekan tombol Test di halaman website atau tekan ENTER di keyboard kamu untuk memulai proses analisa.

Langkah 2 - Tunggu Proses Analisa

Setelah itu, yang perlu kamu lakukan adalah menunggu sampai proses analisa dari halaman yang kamu scan selesai. Proses ini biasanya memakan waktu tidak lama, sekitar 30-60 detik saja.

Langkah 3 - Lihat Hasil dan Analisa Performa

Setelah proses scan selesai, maka hasil/ nilai/ skor dari performa halaman website/ blog kamu pun akan muncul. Jika warna nilai dari performa halaman kamu kuning atau merah, silahkan kamu analisa penyebabnya lalu perbaiki. Kamu bisa melihatnya di kolom nomor 2 seperti pada gambar di atas. Jika skor sudah hijau seperti kolom nomor 1 pada gambar di atas, berarti halaman website kamu sudah cukup optimal dan tidak perlu kamu oprek-oprek lagi kecuali kamu paham betul tentang apa yang kamu lakukan.

Penutup

Kenapa harus menggunakan GTMetrix? Kenapa tidak pakai Google Pagespeed Insights?

Ini adalah pertanyaan sederhana sebenarnya. Jawabannya karena tidak ada masalah. Namun, alangkah lebih baik kalau kita nggak rely on satu tool saja. Dalam dunia bisnis kalau hal seperti itu terjadi, istilahnya "The Winner Takes All".

Kalau kita hanya mengandalkan Google Pagespeed Insight, dan ternyata ada cacatnya kita jadi take for granted sepenuhnya pada Pagespeed.

Dengan menggunakan tool lain yang fungsinya sama, maka kita akan bisa melihat apakah hasilnya benar atau tidak.

Dan kebetulan, hasil analisa dari GTMetrix tidak berbeda jauh dengan Pagespeed. Jadi, nggak ada masalah seharusnya.

Kelebihan dan Kekurangan GTMetrix

Adapun alasan saya merekomendasikan GTMetrix adalah karena beberapa kelebihan berikut.

  • Tool ini benar-benar gratis. Ada sih yang berbayar, tapi untuk analisa performa menurut saya versi gratisannya sudah lebih dari cukup.
  • Ada tool compare yang bisa digunakan untuk membandingkan 1 halaman dengan halaman lainnya. Fitur ini bisa digunakan untuk analisa performa dan membandingkannya dengan website kompetitor kamu. Dan ini juga gratis.
  • Cara pakainya mudah dan data yang disajikan ditampilkan sedemikian rupa sehingga awam seperti saya pun mudah mengerti.

Meskipun saya bilang hal-hal baik tentang GTMetrix sebelumnya, namun saya mau jujur saja ada beberapa kekurangan dari tool yang disediakan oleh GTMetrix ini. Beberapa diantaranya adalah:

  • Tool ini hanya menganalisa versi desktop. Jadi, kurang akurat digunakan untuk menganalisa performa website yang mobile-oriented.

Ya, mungkin itu saja panduan singkat yang bisa saya berikan kali ini. Saya tahu tutorial ini sangat basic sekali. Namun, semoga hal ini bisa membantu kamu dan bermanfaat untuk kamu. Jika ada yang kurang jelas atau ingin ditanyakan silahkan sampaikan melalui kolom komentar di bawah, terima kasih dan sampai jumpa di konten selanjutnya.

Anda mungkin menyukai postingan ini:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar