Cara Memasang Lazy Load Google Analytics di Blogger - Ninura
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Memasang Lazy Load Google Analytics di Blogger

Cara Memasang Lazy Load Google Analytics di Blogger - Google Analytics adalah salah satu dari sekian banyak alat untuk melakukan analisa pengguna dan performa website kita. Google Analytics bekerja di belakang layar sehingga tanpa disadari sering memberatkan loading pengguna, apalagi pengguna yang masih menggunakan koneksi 3G. Ini terbukti dari laporan Google Pagespeed Insights dan GTMetrix yang seringkali mempermasalahkan cached dari script bawaan Google Analytics. Perhatikan dua gambar berikut ini.

Jelas kan bahwa script bawaan dari Google Analytics sering dianggap bermasalah padahal tidak terlalu bermasalah.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kita bisa menggunakan teknik lazy-loading Google Analytics. Gimana caranya? Berikut panduannya.

Bahan yang diperlukan

  1. Koneksi Internet
  2. Akun Blogger
  3. Blog

Alat yang diperlukan

    Notepad Template Blogger

Langkah:

  1. Langkah 1 - Masuk Edit HTML
  2. Langkah 2 - Cari dan Hapus Kode Analytics Bawaan Blogger
  3. Langkah 3 - Masukkan Script Lazy Load Google Analytics
Estimasi Waktu: 5 menit.

Langkah 1 - Masuk Edit HTML

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah login ke akun Bloggermu. Setelah itu, di halaman muka Blogger, masuk ke menu template lalu buka tab Edit HTML. Untuk lebih jelasnya, ikuti saja contoh gambar di atas.

Langkah 2 - Cari dan Hapus Kode Analytics Bawaan Blogger

Langkah selanjutnya, silahkan kamu cari kode script Google Analytics bawaan Blogger. Biasanya terletak diantara dan dan berbentuk seperti ini:
<b:include data='blog' name='google-analytics'/>
Silahkan kamu gunakan fitur CTRL+F untuk mempermudah. Jika sudah ketemu, silahkan kamu hapus kode tersebut.

Langkah 3 - Masukkan Script Lazy Load Google Analytics

Jika sudah, kamu paste kode script Lazy Load Google analytics berikut ke dalam template kamu.
<script>
//<![CDATA[
// Lazy Load Analytics
var lazyanalytics=!1;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&!1===lazyanalytics||0!=document.body.scrollTop&&!1===lazyanalytics)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=!0,e.src="https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=UA-180845374-1";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyanalytics=!0)},!0);
//]]>
</script>
<script>
//<![CDATA[
window.dataLayer = window.dataLayer || [];function gtag(){dataLayer.push(arguments);}gtag('js', new Date());gtag('config', 'UA-180845374-1');
//]]>
</script>
Jangan lupa untuk mengubah kode unik analytics yang ditandai dengan kode analytics milikmu. Dan setelah itu, tekan tombol Save atau Simpan.

Selesai. Dengan begini kamu sudah mengaktifkan atau menggunakan fitur Lazy Load Google Analytics di template Blogger-mu. Bagaimana dampaknya? Silahkan perhatikan gambar berikut ini: 

Dari gambar tersebut kita bisa tahu bahwa sekarang script dari Google Analytics tidak lagi menjadi masalah. Kenapa begitu? Apakah script Google Analytics kita masih bekerja dan bisa detect kunjungan secara benar?

Tenang, script nya masih berjalan seperti biasa kok. Nggak percaya, nih contoh deteksi dari Google Analytics dari blog baruku.

*Hiraukan jumlah kunjungan yang masih sepi.

Jadi gitu aja kali, ya tutorial memasang Lazy Load Google Analytics di Blogger yang bisa saya sampaikan. Kalau misalkan ada yang kurang jelas atau ingin ditanyakan, silahkan tanyakan melalui kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat dan semangat blogging. Sampai jumpa di artikel lainnya.

NOTE

Informasi yang terdapat pada artikel di atas bersifat tidak tetap dan bisa saja tidak lagi valid sewaktu-waktu. Jika ada informasi baik teks, gambar, link ataupun media lain yang tidak sesuai atau rusak, silahkan beritahu melalui kolom komentar agar artikel di atas dapat di-update. Terima kasih.

Nisfa Nurfadilah Rachmaniar
Nisfa Nurfadilah Rachmaniar Halo, saya Nisfa. Saya adalah pengelola dari Ninura, sebuah online shop yang sekaligus media informasi dan hiburan melalui beberapa anak situsnya. Salam kenal, dan semoga betah di Ninura.

Sitemap

Histats