Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke Berlangganan Lompat ke footer

Cara Membuat Akun Google Gmail dengan Mudah di Komputer

Cara Membuat Akun Google Gmail dengan Mudah di Komputer - Untuk kamu yang mau membuat akun Google atau Gmail tapi bingung caranya, silahkan baca panduan singkat berikut ini agar kamu bisa punya email atau akun Google untuk diri kamu pribadi.

Sebelumnya mungkin perlu kamu tahu bahwa punya email itu salah satu hal yang perlu banget di zaman sekarang ini. Untuk daftar Facebook, atau social media lainnya misalnya. Kamu perlu email untuk bisa melakukan itu.

Maka dari itu, perlu banget kamu bikin walaupun belum terlalu berfungsi. Percayalah, email kamu akan bermanfaat banget buat kamu nantinya.

Kalau kamu sudah siap untuk membuat akun Google atau Gmail, silahkan baca panduan berikut ini.

Bahan yang diperlukan

  1. Koneksi Internet
  2. Nomor Handphone (opsional)

Alat yang diperlukan

  1. Laptop/ Komputer

Estimasi Waktu: 5 menit.

Panduan Pengerjaan

Langkah 1 - Masuk ke Google Account dan Tekan Buat Akun

Langkah pertama silahkan kamu buka Google Account. Kamu bisa klik link berikut: https://accounts.google.com/signin/v2/identifier?flowName=GlifWebSignIn&flowEntry=ServiceLogin untuk langsung menuju ke halaman yang di maksud. Jika sudah, kamu akan melihat tampilan menu seperti pada gambar di atas.

Langkah 2 - Tekan Buat Akun dan Pilih Akun Pribadi

Langkah selanjutnya adalah silahkan kamu tekan tombol Buat akun yang ada seperti gambar di atas. Setelah itu akan muncul dua pilihan yaitu Akun Pribadi atau Bisnis, silahkan kamu pilih akun pribadi. Jika memang untuk bisnis, silahkan akun Bisnis. Jika sudah, langsung tekan tombol Next/ Berikutnya.

Langkah 3 - Isi Informasi Akun Sesuai Form

Setelah itu, silahkan kamu isikan form yang tersedia. Informasi yang perlu dimasukkan diantaranya adalah Nama Depan dan Nama Belakang (jika kamu hanya punya nama depan (kata tunggal) dan tidak ada nama belakang kamu bisa kosongkan bagian nama belakang atau tulis nama belakang kamu di form nama belakang.

Jika sudah, isikan juga alamat email yang kamu mau. Jika masih tersedia maka kamu bisa pakai alamat tersebut, namun jika tidak tersedia kamu bisa ganti alamat itu atau gunakan rekomendasi alamat dari Google.

Di kolom selanjutnya adalah password atau kata sandi, silahkan kamu tuliskan kata sandi kamu lalu ulangi di kolom selanjutnya. Pastikan kata sandi kamu sama. Dan perlu diingat bahwa kata sandi itu case-sensitive yang berarti besar kecilnya huruf juga berpengaruh.

Jika sudah diisi semua, silahkan tekan tombol Next atau Selanjutnya.

Langkah 4 - Masukan informasi tambahan

Langkah selanjutnya adalah mengisi form informasi tambahan. Silahkan ikuti urutan sesuai gambar di atas.

Pertama, isikan dulu informasi detail tanggal lahir kamu mulai dari tanggal, bulan dan tahun. Pastikan kamu sudah berusia 18 tahun karena itu syarat dari Google, jika kamu belum berusia 18 tahun kamu bisa ubah bagian tahunnya terlebih dahulu. Jika tidak, maka pendaftarannya akan error.

Kemudian, isikan/ pilih jenis kelamin. Kamu bisa pilih Wanita/ Pria atau juga bisa memilih untuk tidak menyebutkan.

Lalu, untuk bagian nomor handphone, jika kamu punya, silahkan masukkan nomor handphone kamu dan pilih negara tempat kamu tinggal. Jika di Indonesia, pastikan negaranya Indonesia. Jika kamu memasukkan nomor telepon kamu, maka kamu akan dikirimi SMS berupa kode konfirmasi. Silahkan kamu masukkan kode tersebut di form yang tersedia nantinya. Jika tidak maka tidak akan ada SMS verifikasi.

Untuk bagian email juga opsional. Jika kamu sudah punya email sebelumnya, silahkan masukkan email kamu sebagai pengaman kalau-kalau terjadi sesuatu dengan email yang kamu buat ini.

Jika sudah, silahkan tekan tombol Next atau Selanjutnya.

Langkah 5 - Baca Persyaratan, Lalu Setujui

Langkah selanjutnya adalah baca term of service atau persyaratan penggunaan yang berlaku untuk email kamu. Baca baik-baik agar kamu tahu pantangan saat menggunakan email kamu. Jika sudah cukup paham, silahkan tekan tombol Saya Setuju atau Agree.

Penutup

Selesai. Sekarang kamu sudah berhasil membuat akun Google sekaligus email di Google. Tampilannya kurang lebih adalah seperti gambar berikut ini:

Untuk mengakses email kamu, kamu bisa masuk ke alamat ini: https://mail.google.com

Itulah sedikit tutorial tentang cara membuat akun Google Gmail melalui komputer. Jika kamu tidak ada komputer, kamu bisa baca tutorial Cara Membuat Akun Google Gmail dengan Mudah di Handphone.

Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tanyakan melalui kolom komentar di bawah. Semoga informasi ini bermanfaat, terima kasih telah berkenan membaca dan sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya.

Anda mungkin menyukai postingan ini:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar