Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke Berlangganan Lompat ke footer

Cara Mendaftarkan Website/ Blog Ke Google

Cara Mendaftarkan Website/ Blog Ke Google - Kalau kamu punya blog atau website, kamu wajib mendaftarkan blog atau website kamu ke Google supaya bisa cepat terindeks oleh Google. Dan untuk mendaftarkannya kamu bisa mengikuti panduan singkat berikut ini.

Bahan yang diperlukan

  1. Koneksi Internet
  2. Akun Google
  3. Nomor Handphone (opsional)

Alat yang diperlukan

  1. Laptop/ Komputer

Estimasi Waktu: 10 menit.

Panduan Pengerjaan

Langkah 1 - Masuk ke Google Search Console

Pertama, silahkan kamu masuk ke halaman Google Search Console. Kamu bisa mengunjunginya dengan mengklik link berikut ini: https://search.google.com/search-console. Jika sudah, maka kamu akan menemukan tampilan kurang lebih seperti pada gambar di atas. Namun tidak ada grafik apapun jika kamu belum mendaftarkan website apapun di Google.

Langkah 2 - Pilih opsi Add Property

Langkah selanjutnya, silahkan kamu tekan menu pilihan website seperti panduan nomor 1 pada gambar di atas. Kamu akan melihat daftar website yang sudah terdaftar (jika sudah). Silahkan kamu scroll ke paling bawah dan kamu tekan tombol Add Property seperti panduan nomor 2 pada gambar.

Langkah 3 - Masukkan URL website atau blog di bagian URL prefix

Setelah itu kamu akan melihat menu seperti pada gambar di atas. Silahkan kamu pilih menu URL Prefix. Setelah itu, masukkan alamat website atau blog kamu pada kolom yang tersedia. Jika sudah tekan tombol Next atau Berikutnya.

Langkah 4 - Copy HTML Tag Verification Code

Langkah berikutnya, silahkan kamu cari opsi verifikasi HTML Tag. Kemudian, kamu copy kode meta tag yang muncul lalu tempelkan di blog atau website kamu. Jika sudah, tekan tombol Verify. Jika verifikasi berhasil silahkan lanjutkan proses dengan menekan tombol Done.

-

Langkah 5 - Cara menempelkan kode verifikasi di Blogger.com

Untuk pengguna CMS Blogger, kamu bisa menempelkannya di bagian Edit HTML. Untuk masuk ke situ, kamu bisa membuka menu Tema atau Theme seperti pada gambar di atas. Lalu, kamu tekan tanda panah ke bawah di samping tombol Customize. Maka akan muncul beberapa opsi edit. Pilih opsi Edit HTML.

Langkah 6 - Tempelkan kode di bawah kode head

Jika sudah, yang perlu kamu lakukan adalah menempelkan kode verifikasi yang kamu dapat dari Google Search Console di bawah kode head. Kode ini biasanya berada di atas kode HTML template blog kamu. Paste-kan tepat di bawahnya, kemudian tekan tombol Save.

Penutup

Selesai.

Sekarang blog atau website kamu sudah terdaftar di Google. Tanda bahwa blog atau website kamu terdaftar adalah kamu akan melihat notifikasi seperti gambar di bawah ini:

Untuk pengguna CMS lain seperti Wordpress, kamu bisa menambahkan kode verifikasi dengan memanfaatkan plugin seperti Yoast SEO atau Rankmath. Karena prosesnya terbilang lebih mudah, maka akan saya skip saja.

Setelah kamu berhasil mendaftarkan blog kamu, tugas kamu selanjutnya di Google Search Console adalah menambahkan sitemap blog atau website kamu ke Google. Kamu bisa membaca panduannya di artikel saya yang berjudul Cara Submit Sitemap ke Google Search Console.

Itulah sedikit yang bisa saya share tentang cara mendaftarkan blog atau website ke Google. Jika ada yang kurang jelas, silahkan tanyakan melalui kolom komentar di bawah. Semoga artikel ini ada manfaatnya. Sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya.

Anda mungkin menyukai postingan ini:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar