Cara Mendapat Backlink Berkualitas Gratis dari Google Sites - Ninura
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mendapat Backlink Berkualitas Gratis dari Google Sites

Cara Mendapat Backlink Berkualitas Gratis dari Google Sites - Halo temen-temen, kali ini saya akan share lagi ke temen-temen tentang cara mendapat backlink yang menurut saya top markotop, dofollow, dan gratis dari Mbah Google langsung. Mau tau caranya? Kita langsung check aja caranya.

Apa Itu Google Sites?

Sebelum melangkah lebih jauh, kamu perlu kenali dulu Google Sites itu sendiri. Google Sites adalah salah satu tools dari Google yang berguna untuk membuat sebuah situs entah itu landing page, portfolio page, bahkan profil perusahaan secara gratis.

Sama halnya seperti Blogger ataupun YouTube, anaknya Mbah Google yang satu ini juga nggak kalah kerennya. Google Sites memberikan akses membuat website dengan sistem Drag and Drop sehingga kita nggak perlu repot-repot belajar coding untuk belajar bikin website.

Dan dengan fasilitas mewah yang diberikan cuma-cuma itu, tentu Google Sites menjadi primadona bagi banyak orang yang ingin membagikan konten atau profil mereka di dunia maya.

Dan karena kredibilitas dan popularitasnya, Google Sites mampu mendapat banyak backlink dari banyak pihak. Baiknya lagi, Google mengizinkan kita untuk turut menaruh backlink kita di website tersebut.

Detail Backlink

Domain Authority: 97
Page Authority: 84
Status Backlink: Dofollow Link

Seperti yang kamu lihat, karena menggunakan domain utama dari Google, subdomain Google Sites terkena imbas dengan mendapatkan Domain Authority dan Page Authority yang sangat besar. Ini adalah sinyal positif bagi web developer untuk mendapatkan backlink super berkualitas dari Google.

Oke tanpa basa-basi lagi, kita langsung aja mulai ke tahap mencari backlink.

Bahan yang diperlukan

  1. Email Gmail Aktif
  2. Koneksi Internet

Alat yang diperlukan

    Laptop atau Komputer

Langkah:

  1. Langkah 1 - Masuk ke situs Google Sites
  2. Langkah 2 - Buat Project Baru
  3. Langkah 3 - Desain Sebuah Landing Page
  4. Langkah 4 - Tanam Hyperlink Berbentuk Teks
  5. Langkah 5 - Publikasikan laman
Estimasi Waktu: 15 menit.

Langkah 1 - Masuk ke situs Google Sites

Saya anggap kamu sudah mempunyai akun Google/ Gmail/ YouTube. Jadi, yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah kunjungi situs Google Sites di alamat https://sites.google.com.,

Langkah 2 - Buat Project Baru

Lalu, silahkan kamu buat sebuah project baru dengan menekan tombol seperti pada gambar di atas. Kamu bisa membuat sebuah laman dari nol atau menggunakan template yang sudah jadi. Saran saya, silahkan buat dari nol, supaya kamu bisa leluas mengekspresikan konsep dari website kamu. Tapi, kalau kamu nggak begitu peduli, pakai saja template yang sudah ada. Nggak masalah, kok.,

Langkah 3 - Desain Sebuah Landing Page

Step inilah yang menurut saya paling berat dan paling menyita waktu. Yup, silahkan kalian design halaman website kalian secantik dan sekeren mungkin. Tentunya dengan memperhatikan aspek SEO ya. Minimal, jangan jadikan website kita terlalu berat karena banyak widget atau audio visual yang makan kuota internet.,

Langkah 4 - Tanam Hyperlink Berbentuk Teks

Sambil mendesain halaman website kamu, jangan lupa untuk menaruh 1-2 backlink berbentuk link yang tertuju ke web/ blog utama kamu. Ini berfungsi untuk optimasi SEO blog/ web resmi yang kamu miliki.,

Langkah 5 - Publikasikan laman

Jika sudah, silahkan kamu cek lagi hasilnya secara draft. Sudah memuaskan belum? Revisi dulu tampilannya jika dirasa ada yang salah atau masih kurang. Kalau kamu sudah oke dengan hasilnya, silahkan tekan tombol Publish atau Publikasi yang ada di pojok kanan atas.

HASILNYA

Seperti inilah kira-kira tampak dari hasil landing page yang saya buat. Disitu bisa dilihat bahwa hyperlink yang dibuat untuk frasa "Tips and Trick" menjadi sebuah Dofollow Link yang mengarah langsung ke blog Nisnura.store. Keren banget, kan?

Tapi jangan bersenang hati dulu, agar backlink tersebut awet dan tidak mati atau dianggap spam, pokoknya tidak ada luka cacat sedikitpun, kamu punya tugas tambahan untuk mengunjungi halaman yang baru kamu buat secara berkala. Untuk cek apakah kondisi halaman yang kamu buat masih ada atau nggak, dan untuk update informasi di halaman yang kamu buat tersebut.

Misalnya punya saya, karena saya membuat landing page tentang online shop yang saya buat, sekali waktu saya perlu update beberapa konten seperti banner promonya, terus produk terlarisnya, gitu-gitu aja. Paling seminggu sekali atau bahkan sebulan sekali.

PENUTUP
Yang jelas merawat itu perlu supaya halaman yang kamu buat bisa jadi aset yang berharga buat web/ blog kamu dan buat kamu sendiri nantinya. Jadi, buatlah sebuah website yang berkualitas meskipun kamu hanya mengincar backlink-nya saja.

Yup, segitu aja yang mau saya jelasin tentang Cara Mendapat Backlink Berkualitas Gratis dari Google Sites. Untuk tutorial lain mengenai cara dapat backlink high quality gratis, bisa di baca di artikel saya yang berjudul Daftar Backlink Berkualitas Gratis Terbaru untuk SEO.

Jika ada yang kurang jelas atau ingin ditanyakan, silahkan gunakan kolom komentar. Semoga bermanfaat, selama mencoba, dan selamat mencari backlink.

Sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya.

NOTE

Informasi yang terdapat pada artikel di atas bersifat tidak tetap dan bisa saja tidak lagi valid sewaktu-waktu. Jika ada informasi baik teks, gambar ataupun media lain yang tidak sesuai (beda tampilan misalnya), silahkan beritahu melalui kolom komentar agar artikel di atas dapat di-update. Terima kasih.

Nisfa Nurfadilah Rachmaniar
Nisfa Nurfadilah Rachmaniar Halo, saya Nisfa. Saya adalah pengelola dari Ninura, sebuah online shop yang sekaligus media informasi dan hiburan melalui beberapa anak situsnya. Salam kenal, dan semoga betah di Ninura.

Berlangganan via Email