Cara Mendapat Backlink Berkualitas Gratis dari Disqus - Ninura
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mendapat Backlink Berkualitas Gratis dari Disqus

Cara Mendapat Backlink Berkualitas Gratis dari Disqus - Untuk kamu yang sedang mencoba mengembangkan web/ blog pribadi, atau ingin meningkatkan visibilitas dari web perusahaan atau bisnis kamu, tentu kamu perlu banyak backlink yang mengarah ke web kamu.

Dan menurut para pakar yang memahami algoritma Google, backlink yang menuju ke web kita sekarang harus mulai diseleksi dan backlink yang tidak berkualitas harus segera dihapus.

Yang jadi permasalahannya sekarang, bagaimana caranya mencari backlink yang berkualitas? Sederhananya, backlink yang berkualitas adalah backlink yang bersumber dari situs yang kredibel dan atau setema.

Kenapa saya bilang dan atau? Bukan dan saja atau 'atau' saja?

Karena beberapa situs besar ternama yang memberi kita backlink bisa saja setema dengan web kita tapi bisa juga tidak. Contohnya Facebook. Facebook adalah platform social media tersebar di dunia untuk saat ini. Tapi apakah kita tidak boleh mendapatkan backlink dari Facebook karena web kita bertemakan makanan?

Tentu boleh. Dan Facebook adalah salah satu sumber backlink paling berkualitas yang bisa kita dapat dengan cuma-cuma.

Selain Facebook, tentu banyak web-web kredibel yang bisa kita jadikan sumber backlink buat web kita; salah satunya adalah situs Disqus yang akan saya jelaskan pada kesempatan kali ini.


APA ITU Disqus?

Disqus adalah sebuah platform komentar yang memperbolehkan penggunanya untuk memasang widget komentar profesional seperti website sendiri. Widget Disqus ini sudah digunakan lebih dari 10 juta website di dunia. Dan yang lebih hebatnya lagi adalah widget dari Disqus ini tidak hanya digunakan oleh website-website recehan tapi juga beberapa website raksasa.

Disqus punya authority yang besar karena fiturnya/ widget-nya diperbolehkan untuk dipasang atau digunakan secara gratis dimana fiturnya yang versi gratis mengharuskan webmaster atau web owner memberi 1 backlink ke Disqus di setiap halaman yang memuat widget tersebut.

Untuk menghilangkan backlink tersebut di widget Disqus pengguna diharuskan membayar atau berlangganan fitur Pro yang mana sedikit sekali orang yang mau karena fiturnya tidak beda jauh dengan yang gratis.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa perhatikan detail berikut ini.

Detail Backlink

Domain Authority: 92

Page Authority: 42

Status Backlink: Nofollow Link

Bahan yang diperlukan

  1. Email Aktif
  2. Koneksi Internet

Alat yang diperlukan

    Laptop atau Komputer

Langkah:

  1. Langkah 1 - Tekan Tombol Get Started
  2. Langkah 2 - Login atau Daftar
  3. Langkah 3 - Lengkapi Profil
  4. Langkah 4 - Isi Semua Informasi Untuk Profile
Estimasi Waktu: 5 menit.

Langkah 1 - Tekan Tombol Get Started

Pertama, silahkan kamu buka situs resmi Disqus melalui www.disqus.com. Disitu kamu akan melihat tampilan awalnya seperti gambar. Langkah selanjutnya, silahkan kamu tekan tombol Get Started yang ada di sebelah kiri atau kanan atas layar anda.,

Langkah 2 - Login atau Daftar

Setelah itu, silahkan kamu masuk ke Disqus. Jika kamu sudah punya akun Disqus, yang perlu kamu lakukan hanyalah login menggunakan akun kamu. Namun, jika kamu belum punya, silahkan kamu pilih menu Daftar lalu lakukan pendaftaran.,

Langkah 3 - Lengkapi Profil

Disini saya anggap kamu baru saja membuat akun Disqus, jadi yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah melengkapi profil Disqus kamu dengan menekan tombol Complete Your Profil yang ada di bawah foto profil Disqus kamu.,

Langkah 4 - Isi Semua Informasi Untuk Profile

Di bagian ini, yang perlu kamu lakukan adalah mengisi selengkap mungkin informasi-informasi terkait profil Disqus kamu. Informasi yang dibutuhkan terdiri dari foto profil, Nama Tampilan, biografi (penjelasan tentang diri kamu dalam 200 karakter), URL web/ blog dan juga lokasi.Perhatikan bagian Website. Silahkan kamu masukkan alamat web atau blog kamu secara lengkap, termasuk SSL nya jika ada. Contoh: https://www.ninura.com. Bagian inilah yang nanti jadi salah satu sumber backlink untuk website kamu.Jika sudah, silahkan kamu tekan tombol Save.

Selesai.

Kamu bisa kembali lagi ke halaman profil-mu dan kamu akan melihat bahwa sudah ada anchor link yang tertuju ke halaman website/ blog-mu disana.

Jika ditelusuri, link tersebut bersifat NOFOLLOW. Tapi tidak apa! Jangan terlalu dipermasalahkan.

Karena nofollow atau Dofollow adalah faktor kedua.

Yang perlu kita perhatikan disini adalah kita tidak hanya bisa mendapat satu backlink saja. Tapi banyak backlink melalui post di Disqus itu sendiri.

Kamu bisa perhatikan gambar di bawah ini.
Dari gambar di atas kita bisa ketahui bahwa link hidup yang kita tanamkan di komentar disqus juga menjadi hyperlink yang bisa merujuk ke situs kita.

Meskipun keduanya nofollow, namun kualitas sumber dan juga kuantitas yang bisa diberikan hampir tak terhingga.

Jadi, kamu bisa manfaatkan fitur ini untuk menanamkan backlink disaat kamu mengunjungi sebuah situs/ web yang menggunakan kolom komentar Disqus.

Tentunya kamu harus memberikan komentar yang relevan dengan konten yang dibahas dan memberikan link yang sekiranya setopik dengan konten di web yang kamu komentari.

Yup, mungkin itu saja yang bisa saya bagikan tentang Cara Mendapat Backlink Berkualitas Gratis dari Disqus. Jika ada yang kurang jelas, silahkan gunakan kolom komentar di bawah.

Dan jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang backlink yang berkualitas, kamu bisa membaca artikel yang berjudul Daftar Backlink Berkualitas Gratis Terbaru untuk SEO. Semoga bermanfaat, dan selamat menabur benih-benih backlink.

NOTE

Informasi yang terdapat pada artikel di atas bersifat tidak tetap dan bisa saja tidak lagi valid sewaktu-waktu. Jika ada informasi baik teks, gambar ataupun media lain yang tidak sesuai (beda tampilan misalnya), silahkan beritahu melalui kolom komentar agar artikel di atas dapat di-update. Terima kasih.

Nisfa Nurfadilah Rachmaniar
Nisfa Nurfadilah Rachmaniar Halo, saya Nisfa. Saya adalah pengelola dari Ninura, sebuah online shop yang sekaligus media informasi dan hiburan melalui beberapa anak situsnya. Salam kenal, dan semoga betah di Ninura.

Berlangganan via Email