Cara Menghasilkan Uang dari Blog - Ninura
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Cara Menghasilkan Uang dari Blog - Kamu berminat menjadi blogger? Atau kamu mau mencoba berpenghasilan dari blog? Kamu perlu tahu cara blogger menghasilkan uang dari blognya. Silahkan baca artikel ini untuk mengetahui bagaimana cara menghasilkan uang dari blog.

Blogging adalah aktivitas membuat konten berupa tulisan yang dipadukan dengan media lain seperti gambar, audio ataupun video. Sejak 2003, nge-blog telah menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan. Awalnya blog digunakan untuk berbagi ide, gagasan, atau sekedar curhat.

Kini, blogging telah menjadi aktivitas yang juga bisa menghasilkan bagi para pelakunya yang dikenal sebagai blogger. Adapun blogger dapat menghasilkan uang dengan beberapa cara.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seorang blogger untuk menghasilkan uang dari blognya.

 

1. Menjadi Publisher di Ads Platform

Salah satu cara yang umum sekali untuk seorang blogger menghasilkan uang dari blognya adalah dengan bergabung dengan ads platform sebagai publisher.

Ads platform bertugas sebagai pihak ketiga yang menghubungkan blogger dengan pihak pengiklan. Ada banyak Ads platform yang bisa seorang blogger manfaatkan. Namun, yang paling ternama dan selalu menjadi bahan perbincangan di kalangan para blogger adalah platform pengiklanan Google AdSense yang dimiliki oleh Google.

Google AdSense diyakini memberikan bayaran tertinggi untuk tayangan iklan mereka dibanding penyedia iklan lain.

Meski begitu, untuk mendaftar ke Google AdSense, ada beberapa syarat yang harus seorang blogger penuhi. Kamu bisa membaca artikel tentang Cara Sukses Daftar AdSense untuk mengetahui lebih lengkap tentang caranya.

Dengan menjadi publisher di suatu ads platform, seorang blogger akan mendapatkan penghasilan dari tayangan iklan yang ada di blog mereka.

Salah satu keuntungan menjadi publisher adalah, blogger tidak perlu repot mencari pengiklan karena itu semua disediakan oleh pihak penyedia iklan.

Kamu bisa membaca Daftar Penyedia Iklan Terbaik Untuk Blog untuk mengetahui platform apa saja yang bisa kamu coba saat kamu sudah mempunyai blog.

 

2. Buka Slot Iklan

Selain menjadi publisher, kamu juga bisa membuka lowongan slot iklan di blogmu. Ini menjadi pilihan yang tak kalah menguntungkan bagi seorang blogger.

Kenapa begitu?

Karena dengan membuka slot iklan, kamu bisa menawarkan slot tersebut kepada pengiklan dan kamu bisa menentukan tarif untuk slot tersebut sesuai keinginan kamu.

Jika blogmu sudah mempunyai audience atau trafik yang stabil dan terbilang tinggi, banyak pengiklan yang bersedia membayar untuk slot iklan kamu.

Kelemahan dari cara ini adalah, kamu tidak bisa mendapatkan uang secara instan. Selain itu, kamu juga harus rela mendapatkan penghasilan yang tidak pasti.

Hal itu terjadi karena pengiklan bisa saja berhenti membayar iklan kamu untuk bulan selanjutnya. Sehingga untuk bulan selanjutnya, kamu harus mencari pengiklan lain atau merelakan pemasukan kamu berkurang untuk sementara.

Selain itu, kelemahan lain dari cara ini adalah kamu harus bersedia bersabar dan membangun trafik ke blog mu terlebih dahulu.

Selama proses itu, banyak hal yang perlu kamu lakukan. Salah satunya adalah tentang SEO. Kamu bisa baca artikel ==Cara Meningkatkan Trafik Blog== untuk mengetahui lebih lengkap tentang cara meningkatkan trafik blog kamu.

Beberapa blogger senior seperti KompiAjaib dan Arlina Design mencoba cara ini dan terbukti berhasil.

Mereka membuka beberapa slot iklan di blog mereka dengan tarif Rp100.000 sampai Rp500.000 per slot untuk satu bulan tergantung posisi dan besar slot iklan yang diberikan.

Kalau kamu membuka 4 slot saja dengan tarif per slot Rp250.000, maka dalam satu bulan kamu akan mendapatkan penghasilan sebesar 1 juta rupiah.

Untuk memasang tarif di kisaran segitu, kamu perlu mengumpulkan trafik sekitar seribu sampai lima ribu unique visitors sehari. Cukup menantang bukan? Namun patut dicoba.

 

3. Blog Placement

Cara lain yang bisa kamu coba untuk mendapatkan penghasilan dari blog mu adalah dengan membuka lowongan blog placement.

Blog placement adalah sebuah slot iklan berupa artikel yang bisa kamu tawarkan kepada calon pengiklan. Konten dari artikel biasanya berupa review atas produk pengiklan atau penjelasan tentang produk dari pengiklan.

Kelebihan dari cara ini adalah banyak diminati oleh pengiklan. Hal ini karena pengiklan hanya perlu membayar sekali untuk promosi. Selain itu, pengiklan juga diuntungkan karena dari blog placement ini mereka bisa mendapatkan backlink dari blog kamu yang mana backlink ini bisa mendongkrak nilai SEO situs pengiklan.

Untuk iklan artikel ini, Kang Adhy Suryadi, owner dari KompiAjaib membuka tarif di kisaran Rp350.000 per placement. Dengan harga segitu, pengiklan akan mendapat 3 backlink untuk situsnya.

Itu adalah hal yang sangat menguntungkan dan menarik tentunya.

Kelemahan dari cara ini adalah ketidakpastian penghasilan mengingat cara ini seperti menanam pohon. Pengiklan hanya perlu bayar sekali untuk satu artikel mereka dan sudah. Kecuali mereka ingin memasang beberapa artikel secara rutin ke blog kamu, maka kamu bisa senyum kegirangan karena berarti pemasukan kamu akan stabil dari blog placement.

Jika kualitas blog dan trafik blogmu sudah stabil, tidak ada salahnya mencoba cara ini.

 

4. Ikut Lomba Blog

Saya sebenarnya tidak yakin untuk merekomendasikan cara ini. Namun nyatanya cara ini terbukti bisa menjadi sumber penghasilan bagi beberapa blogger. Banyak perusahaan besar mengadakan lomba blogging untuk para blogger yang passionate di bidang kepenulisan dan jurnalisme.

Hadiah yang ditawarkan dalam satu perlombaan juga menarik. Mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta.

Meski begitu, makin hari lomba menulis ini banyak mengalami perubahan. Sekarang lomba blogging tidak lagi memperhatikan aspek kepenulisan.

Kini kebanyakan lomba blogging berfokus pada faktor SEO-nya. Oleh karena itulah, kebanyakan para blogger suhu yang mendominasi cara ini.

Tapi, tak sedikit juga lomba blog yang memperhatikan aspek kepenulisan dan kedalaman konten.

Jika kamu benar-benar passionate dalam nge-blog, kamu harus coba sekali-kali mengikuti lomba blogging. Rasakanlah bagaimana serunya berkompetisi dengan orang-orang yang blognya establish.

Saya pernah ikut lomba blogging beberapa kali, meskipun belum pernah menang. Salah satu yang paling saya ingat adalah lomba nge-blog LPDP dengan tema perlindungan anak dari kekerasan. Yang buat seru adalah lomba nge-blog bukan hanya memotivasi untuk menulis tapi juga memotivasi kita untuk belajar analisa pesaing.

Saya jadi mempelajari bagaimana kontestan lain menulis, membaca tulisan dari blog lain serta mempelajari teknik optimasi On Page SEO dari blog pesaing. Pokoknya seru dan wajib dicoba untuk kamu yang mengaku blogger.

 

5. Jual Jasa

Jika kamu sudah bergelut cukup lama di dunia per-blogging-an, pasti kamu akan menemukan blogger-blogger yang menjual jasa tulis artikel, jasa optimasi blog, jasa edit design blog, bahkan ada yang jual jasa SEO untuk blog.

Jika kamu sudah menguasai suatu hal tentang blogging, kamu bisa mencoba menjual jasa ke blogger lain.

Contoh yang paling umum saya temukan adalah jual jasa tulis artikel SEO. Dimana harganya cukup terjangkau. Untuk satu artikel orisinil dan sudah dioptimasi, para penjual jasa biasanya memasang tarif Rp10.000 sampai Rp20.000 saja untuk artikel 300-500 kata.

Kalau sehari kamu bisa memproduksi 10 artikel dan kamu pasang tarif Rp10.000 saja, sehari kamu sudah bisa mengantongi Rp100.000 dan jika kamu konsisten setiap hari memproduksi 10 artikel, kamu sudah bisa mengantongi Rp3.000.000 dalam sebulan.

Itu sudah setara UMR kota besar, loh.

Lumayan banget, kan?

Namun, untuk bisa menjual jasa, kamu perlu membangun personal branding yang kuat. Kamu harus mengumpulkan testimoni dari beberapa blogger. Selain itu, kamu juga harus membuat beberapa sampel yang akan dijadikan contoh untuk diperlihatkan ke blogger lain.

Tentu itu semua perlu proses tapi proses itu akan terasa sangat menyenangkan kalau kamu benar-benar suka dunia blogging.

 

6. Jual Produk

Cara yang tak kalah jitu adalah menjual produk. Yang dimaksud dengan produk disini bisa bermacam-macam. Ada beberapa blogger ternama yang membuat merchandise orisinil mereka sendiri. Ada juga yang menjual produk digital seperti Mas Sugeng yang menjual template blogger premium.

Ada juga yang bikin usaha kecil-kecilan di rumahnya lalu memposting produknya tersebut di blog mereka, adaa.

Dengan menjual produk kamu sendiri di blog, tentu itu akan membuat blog kamu makin ramai dan kamu makin peduli dengan blog kamu.

Kok bisa?

Karena kamu sadar blog kamu menjadi ladang usaha kamu dan kamu harus urus blog kamu itu baik-baik.

Kalau kamu belum punya produk, kamu bisa coba dropship atau resell produk orang lain dulu. Sekalian kamu belajar gimana caranya membuat postingan blog yang bertemakan produk.

Atau kamu juga bisa mencoba bisnis afiliasi dimana kamu hanya perlu membuat konten yang berhubungan dengan suatu produk afiliasi yang kamu ikuti, lalu menaruh link untuk beli disana.

Keuntungan dari menjual produk di blog bisa dibilang lebih menjanjikan (jika dilakukan dengan benar) ketimbang cara yang lain.

Meski begitu, tantangannya juga lebih besar. Kenapa begitu? Karena untuk menjual produk di blog, kamu benar-benar harus serius mempelajari dan menerapkan optimasi SEO dan SEM di blog kamu.

Dan untuk itu, perlu waktu nggak sebentar, loh. Bahkan sampai sekarang pun, saya masih menelaah dan mempelajari tentang SEO ini.

Tentu saja saya mempelajarinya dengan santai dan nggak terburu-buru. Nikmati saja setiap prosesnya.

 

 

Itulah dia beberapa cara menghasilkan uang dari blog yang bisa saya jelaskan. Mungkin ada beberapa poin yang belum disebutkan secara detail karena saya rangkum ke dalam satu poin yang sama. Jika ada yang kurang atau salah, atau kalau ada yang mau kamu sampaikan, silahkan gunakan kolom komentar di bawah.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

NOTE

Informasi yang terdapat pada artikel di atas bersifat tidak tetap dan bisa saja tidak lagi valid sewaktu-waktu. Jika ada informasi baik teks, gambar ataupun media lain yang tidak sesuai (beda tampilan misalnya), silahkan beritahu melalui kolom komentar agar artikel di atas dapat di-update. Terima kasih.

Nisfa Nurfadilah Rachmaniar
Nisfa Nurfadilah Rachmaniar Halo, saya Nisfa. Saya adalah pengelola dari Ninura, sebuah online shop yang sekaligus media informasi dan hiburan melalui beberapa anak situsnya. Salam kenal, dan semoga betah di Ninura.

Berlangganan via Email