Daftar Backlink Berkualitas Gratis Terbaru untuk SEO

Daftar Backlink Berkualitas Gratis Terbaru untuk SEO - Kalau kamu adalah seorang pemilik blog/ web, tentu kita mau apa yang kita sajikan dilihat dan dinikmati oleh banyak orang. Oleh karena itulah kita perlu paham cara mengoptimalkan kinerja dari konten kita. Salah satunya, dalam hal SEO (search engine optimization) adalah mencari sebanyak-banyaknya backlink ke situs kita.

Nah, kali ini akan saya bagikan daftar beberapa situs yang bisa dijadikan sumber backlink untuk web atau blog kamu. Harapannya, dengan menanam backlink di situs-situs ini, nilai SEO blog atau web kamu bisa jadi lebih baik dan web kamu pun dikunjungi lebih banyak orang, deh.

CATATAN: Jika bisa, tanamkan link blog/web kamu secara wajar, jangan spamming dan nggak usah sekaligus. Atur-atur aja, misalkan sehari 10 situs, besok 10 lagi. Untuk beberapa web bisa berulang kali soalnya. Sayangi tubuh dan kesehatanmu juga, ya?
  1. Table of Contents
  2. YouTube
  3. Facebook
  4. About Me
  5. Quora
  6. Disqus
  7. Twitter
  8. LinkedIn
  9. Anchor.fm
  10. Google Sites

1. YouTube

YouTube adalah jejaring sosial berbasis video terbesar di dunia untuk saat ini. Jelas, backlink dari YouTube akan menjadi sangat baik untuk meningkatkan performa SEO web/ blog kita. Belum lagi, YouTube anaknya Google! Pasti lebih diprioritaskan dong sama bapaknya. Maksudnya di prioritaskan dalam segi indexing, ya?

Domain Authority: 94

Page Authority: 98

Jenis Backlink: Nofollow

Cara Mendapatkan: Taruh link di halaman channel / taruh link di deskripsi video / taruh link di kolom komentar video

Panduan Lengkap: Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Gratis dari YouTube

2. Facebook

Sampai sekarang Facebook masih menjadi sebuah media jejaring sosial terbesar dengan hampir 2.5 miliar orang pengguna aktif di dalamnya. Seriusan! Saya awalnya nggak percaya, sih. Hampir sepertiga masyarakat dunia itu! Pantes aja WashingtonPost sempet bilang kalau Facebook itu sudah kaya negara sendiri. Bayangin, kalau kita bisa dapat traffic dari 0.1%-nya aja dari total pengguna Facebook itu. Meskipun jenisnya nofollow, backlink yang di dapat bakal dianggap HIGH QUALITY banget sama search engine. Tapi ya, PR-nya adalah kita harus bisa membangun komunitas di Facebook, bukan cuma SPAM LINK. Detailnya di bawah ini:

Domain Authority: 96

Page Authority: 99

Jenis Backlink: Nofollow

Cara Mendapatkan: Taruh link di bio profil/ taruh link di info fanspage / postingan fanspage

Panduan Lengkap: Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Gratis dari Facebook

3. About Me

ABOUT.ME adalah sebuah platform pembuatan laman profil yang memungkinkan kamu untuk menampilkan profil diri kamu serta hal-hal lain seputar diri kamu di laman tersebut. Kebanyakan orang memanfaatkan platform ini sebagai laman portofolio dan CV digital yang bisa di akses dimanapun dan kapanpun.

Kamu bisa memanfaatkan fitur gratisan yang diberikan oleh ABOUT.ME untuk mendapatkan backlink gratis ke halaman web utamamu saja atau kamu bisa memanfaatkannya untuk menciptakan personal branding-mu sendiri. Itu terserah kamu.

Domain Authority: 92

Page Authority: 42

Jenis Backlink: Nofollow

Cara Mendapatkan: Taruh link di halaman profile

Panduan Lengkap: Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Gratis dari About Me

4. Quora

Quora adalah sebuah forum tanya-jawab dimana membernya bisa bertanya dan kita serta beberapa orang lain memberikan jawaban atas pertanyaan atau masalah orang tersebut. Setiap orang yang membaca forum diskusi dapat memberikan Upvotes atas jawaban-jawaban yang sekiranya membantu. Selain itu, Quora juga secara tidak disadari bisa menjadi sebuah ladang emas untuk menanam backlink berkualitas tinggi secara cuma-cuma.

Domain Authority: 93

Page Authority: 77

Jenis Backlink: Nofollow

Cara Mendapatkan: Taruh di profile, taruh di thread comment

Panduan Lengkap: Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Gratis dari Quora

5. Disqus

Disqus adalah sebuah platform commentary yang membuat penggunanya bisa memasang widget untuk komentar di webnya masing-masing. Disqus adalah salah satu dari sekian banyak platform commentary yang berhasil nyantol di telinga, khususnya di telinga blogger/ webmasters Indonesia.

Sampai-sampai ada perdebatan tersendiri, apakah lebih bagus Disqus atau Facebook Comment sebagai alternatif Google Comments? Hmm. Menarik kan? Sayangnya karena bisa digunakan dengan gratis, SPAM Score nya cukup tinggi.

Ya, walaupun begitu, saya nggak mau munafik bahwa authority dari web ini cukup besar dan pastinya ini akan sangat bisa mendongkrak nilai SEO web kita.

Domain Authority: 93

Page Authority: 88

Jenis Backlink: Nofollow

Cara Mendapatkan: Taruh link di profile / Taruh link anchor di komentar

Panduan Lengkap: Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Gratis dari Disqus

6. Twitter

Twitter adalah media jejaring sosial berbasis teks singkat 150 karakter. Harusnya, kalau saya nggak salah baca referensi, Twitter adalah media nomor 1 untuk penyaluran informasi, khususnya di kalangan remaja Gen Z. Pantas aja kalau authority dari web ini gede banget, meski SS versi MOZ-nya gede juga siih. Tapi worthed, kok.

Domain Authority: 94

Page Authority: 100

Jenis Backlink: Nofollow

Cara Mendapatkan: Taruh di profile / Taruh di tweet

Panduan Lengkap: Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Gratis dari Twitter

7. LinkedIn

LinkedIn adalah platform social media khusus profesional dan bisnis dimana disana kita bisa menjalin hubungan kerjasama, entah B2B ataupun B2C. Tak banyak juga orang yang mencari dan mendapatkan kerja melalui platform ini karena memang sejatinya itulah fungsi atau tujuan dari adanya LinkedIn.

Salah satu keunggulan dari fitur ini adalah kita bisa membangun CV (portofolio) kita sendiri yang nanti bisa langsung diakses oleh perusahaan. Dan tentunya, ini juga merupakan sebuah lahan tabur benih-benih backlink buat webmasters.

Karena kredibilitasnya tinggi, tentu LinkedIn juga mendapatkan authority yang nggak kalah besarnya, jadi cocok banget buat dijadikan salah satu sumber backlink.

Domain Authority: 98

Page Authority: 98

Jenis Backlink: Nofollow

Cara Mendapatkan: Taruh link di profile/ Share link post di timeline

Panduan Lengkap: Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Gratis dari LinkedIn

8. Anchor.fm

Anchor.fm adalah sebuah situs publikasi audio yang akan membantu podcasters untuk mempublikasikan karya audio mereka dan membantu memonetisasi karya mereka. Platform ini terbilang populer karena menawarkan jasa yang kalau dirupiahkan nggak murah, secara cuma-cuma alias gratis. Nggak hanya itu, platform ini juga memberikan akses untuk membuat podcast kita sendiri di situsnya secara gratis. Tentu, situs ini juga berkenan memberi 1-2 backlink gratis kepada penggunanya.

Domain Authority: 80

Page Authority: 66

Jenis Backlink: Nofollow

Cara Mendapatkan: taruh link di bio

Panduan Lengkap: Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Gratis dari Anchor.fm

9. Google Sites

Google sites adalah sebuah alat yang dikembangkan oleh Google untuk membantu orang-orang seperti saya yang tidak terlalu paham coding agar bisa membuat laman website sendiri. Alat ini dapat digunakan oleh pemilik akun Google secara cuma-cuma. Kita juga bisa membeli domain kita sendiri untuk nantinya dijadikan alamat untuk web yang kita buat di Google Sites. Untuk dijadikan salah satu sumber backlink, jelas Google Sites sangat menguntungkan. Selain karena anaknya Google, Google Sites juga punya kredibilitas yang patut diacungi jempol.

Domain Authority: 97

Page Authority: 84

Jenis Backlink: Dofollow

Cara Mendapatkan: Taruh link di laman

Panduan Lengkap: Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Gratis dari Google Sites


Itulah daftar beberapa situs dengan domain authority tinggi yang bisa memberikan backlink gratis ke web/ blog kita. Sekali lagi saya ingatkan, siapa tahu kamu lupa; lakukan penanaman backlink secara wajar. Jangan SPAMMING.

Daftar ini akan saya update secara berkala sambil melakukan riset dan uji coba. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan langsung ditanyakan saja ya lewat kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat dan selamat farming backlink.

Komentar

Sebelum Posting Komentar

Harap berikan komentar yang relevan dengan topik tulisan.
Jangan menyertakan link yang tidak berhubungan dengan konten tulisan. Apabila komentar mengandung link (apalagi yang tidak relevan), maka komentar akan dihapus.
Budayakan sopan santun, hindari penggunaan bahasa yang provokatif, SARA, pornografi.
Kritik dan saran yang membangun untuk konten ataupun untuk blog sangat berarti bagi Ninura.