OBAT DAN ALAT KESEHATAN P3K YANG HARUS ADA DI RUMAH - Ninura
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

OBAT DAN ALAT KESEHATAN P3K YANG HARUS ADA DI RUMAH

OBAT DAN ALAT KESEHATAN P3K YANG HARUS ADA DI RUMAH - Pernah gak sih panik ketika anak tiba-tiba nangis karena terjatuh kala ia sedang bermain? Dalam situasi darurat seperti itu, kita diupayakan bertindak cepat untuk melakukan pertolongan dan perawatan dini apabila salah satu anggota keluarga sedang sakit atau mengalami luka karena cedera. Maka dari itu obat dan alat kesehatan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) adalah salah satu peralatan yang cukup penting kita bawa kemana saja bahkan ketika di rumah sekali pun. Tidak menutup kemungkinan kecelakaan dapat terjadi kapan dan di mana pun.

Sangat disayangkan, cukup banyak dari kita yang tidak terlalu menganggap penting adanya P3K di rumah. Sering kali ketersediaan obat dan alat kesehatan di rumah tidak begitu lengkap, bahkan kita lebih memilih membeli terlebih dahulu ketika anggota keluarga mengalami sakit atau cedera. Padahal jika seperti itu akan memakan waktu dan luka pun tidak cepat teratasi yang mana itu bisa berujung pada terjadinya infeksi.

Ayo coba periksa lagi apa obat dan alat kesehatan yang seharusnya ada di rumah sudah cukup lengkap? Cek juga siapa tau kamu sudah cukup memiliki bagian dari P3K namun ternyata sudah kedaluwarsa.

Daftar Alat Kesehatan dan Obat Wajib Untuk P3K

Berikut adalah alat kesehatan dan obat-obat yang harus kamu sediakan di rumah.

1. Obat merah atau cairan antiseptik

Obat merah ini umumnya kita kenal dengan "Betadine" yang bisa kita dapatkan di toko atau apotik terdekat. Obat dasar yang cukup penting ada di rumah untuk mengobati luka. Cairan antiseptik berfungsi mencegah infeksi akibat bakteri, virus, dan jamur.

2. Alkohol 70%

Alkohol 70% dapat dipakai untuk membersihkan luka. Sama seperti obat merah, sifatnya yang antibakteri dapat berguna sebagai antiseptik untuk luka ringan dan sedang.

3. Plester Cepat

Contoh plester cepat yang biasa kita pakai adalah hansaplast. Dapat digunakan untuk menutupi luka kecil, umumnya sudah terdapat bantalan kasa kecil yang diberi obat luka.

4. Termometer

Termometer salah satu alat kesehatan yang juga cukup penting nih, namun terkadang tidak setiap orang menyediakan termometer di rumahnya. Jika demam biasanya hanya dirasakan dengan telapak dan punggung tangan saja. Padahal bisa saja itu tidak akurat loh. Pentingnya termometer apalagi di masa pandemi seperti ini dapat mengetahui setiap saat suhu tubuh kita.

5. Salep luka bakar

Penting juga loh salep luka bakar ini. Karena kapan pun bisa saja tidak sengaja kita terkena luka yang disebabkan air panas, minyak panas, setrika, dan lainnya. Seringnya kita malah menggunakan pasta gigi untuk mengobati luka bakar, padahal itu tidak benar. Makan dari itu dengan kita menyediakan salep luka bakar, bisa kita pakai kapan pun apabila terjadi luka bakar.

6. Paracetamol

Tidak hanya digunakan untuk meredakan demam, paracetamol juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri seperti nyeri kepala atau pun nyeri gigi. Oleh karena itu obat ini juga cukup penting untuk kamu sediakan di rumah. Kamu bisa sediakan dalam bentuk tablet dan syrup untuk anak.

7. Obat batuk flu

Batuk dan flu sebenarnya bisa saja disembuhkan dengan kita beristirahat yang cukup dan banyak minum air putih. Namun dari gejala yang kita rasakan sering kali mengganggu aktivitas sehari-hari. Seperti sakit tenggorokan, hidung tersumbat, bahkan tak jarang juga sampai sakit kepala. Maka dari itu obat batuk dan flu juga penting untuk ada di rumah.

8. Obat alergi

Anggota keluarga bisa kapan saja terkena alergi, bisa karena gigitan serangga atau terkena ulat bulu atau dan yang lainnya, membuat kulit menjadi gatal dan ruam. Itu akan sangat tidak nyaman. Di saat seperti itu obat alergi ini sangat dibutuhkan untuk meredakan gatal.

9. Obat sakit perut

Salah satu obat lainnya yang dibutuhkan di rumah yaitu obat sakit perut seperti obat diare ataupun obat sembelit, karena kita bisa menggunakannya kapan saja jika sewaktu-waktu salah satu anggota keluarga kita mengalami sakit perut karena diare atau sembelit.

Nah itu dia beberapa obat dan alat kesehatan P3K yang cukup penting untuk moms sediakan di rumah atau dibawa kemana saja. Agar sewaktu-waktu jika terjadi keadaan darurat, setidaknya kita bisa membantu menolong dan merawatnya dengan alat dan obat yang sudah dipersiapkan. Selain obat dan alat kesehatan yang sudah kita bahas bersama, kira-kira ada ngga nih yang bahkan lebih lengkap menyediakan isi P3K nya? Yuk kita sharing.

Mungkin itu saja yang bisa saya share. Kurang dan lebihnya mohon maaf. Semoga artikel ini ada manfaatnya. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya.

NOTE

Informasi yang terdapat pada artikel di atas bersifat tidak tetap dan bisa saja tidak lagi valid sewaktu-waktu. Jika ada informasi baik teks, gambar, link ataupun media lain yang tidak sesuai atau rusak, silahkan beritahu melalui kolom komentar agar artikel di atas dapat di-update. Terima kasih.

Nisfa Nurfadilah Rachmaniar
Nisfa Nurfadilah Rachmaniar Halo, saya Nisfa. Saya adalah pengelola dari Ninura, sebuah online shop yang sekaligus media informasi dan hiburan melalui beberapa anak situsnya. Salam kenal, dan semoga betah di Ninura.

Sitemap

Histats