Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke Berlangganan Lompat ke footer

Cara Mendapat Backlink dari Youtube

Cara Mendapat Backlink dari Youtube - Hai sobat blogger, bagaimana kabar kalian semua? Semoga baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang apa yang baru saja saya pelajari selama ini yang saya harap dapat berguna bagi kita semua, yaitu tentang bagaimana Cara Mendapat Backlink dari Youtube.

Apa itu Backlink?

Sederhananya, backlink adalah link yang tertanam di suatu blog/ website lain yang mengarah kepada blog kita. Backlink itu memiliki beragam jenis dan bentuk. Salah satu backlink yang paling sering dan paling mudah adalah Anchor Link, yaitu ketika kita menyisipkan text hyperlink yang mengarah ke blog/ web kita di blog/ website orang lain.

Sebagai contoh, saya berkunjung ke suatu blog X, lalu setelah membaca beberapa artikel di blog tersebut saya pun menyisipkan sebuah komentar yang didalamnya saya sisipkan juga sebuah anchor link yang mengarah ke blog saya. Nanti, mesin pencari akan mengindeks anchor link yang terdapat di blog X tersebut sebagai backlink untuk blog saya.

Dan backlink itu termasuk salah satu aspek dalam pengoptimasian blog dengan SEO Off-page dimana itu sangat baik untuk menduduki hasil terbaik dalam SERP. Mungkin orang lebih suka menyebutnya sebagai "Pageone".

Apa saja manfaat dari Backlink?

Ketika berbicara tentang manfaat dari Backlink maka saya akan katakan banyak, banyak sekali manfaat dari pengoptimasian blog dengan memanfaatkan backlink. Beberapa manfaat yang terlihat jelas dan mudah terasa antara lain :

1. Mengoptimalkan SEO Off-page Blog


Dalam mengoptimasi blog, terdapat dua aspek yang harus diperhatikan. Yang pertama adalah pengoptimasian dari dalam (SEO On-page) seperti pengoptimasian terhadap meta tag, title tag dan link. Dan yang kedua adalah pengoptimasian dari luar (SEO Off-page), hal ini berhubungan dengan promosi, backlink, dll. Jelas disitu saya sebutkan tentang BACKLINK sebagai langkah dalam SEO Off-page. Jadi, jelas sekali dengan backlink tersebut akan dapat meningkatkan nilai SEO blog kita di mata mesin pencari.

2. Mempermudah dalam Persaingan SERP


SERP (Search Engine Result Page) adalah target para Blogger/ Online Entrepreneur dalam dunia maya ini. Dengan menargetkan kata kunci tertentu dan mengharapkan berhasil menduduki peringkat teratas hasil pencarian dengan kata kunci yang ditargetkan tersebut atau para Blogger sering mengenalnya dengan "Pageone". Backlink disini bisa menjadi dongkrak untuk artikel-artikel yang ada di blog kita agar dapat mejeng di "Pageone" SERP. Tentunya dengan mejengnya artikel-artikel sobat di "Pageone" SERP, traffic yang mondar-mandir di blog sobat pun akan ikut meningkat.

Jadi intinya, tidak salah jika sobat mengoptimasi blog sobat dengan memanfaat backlink-backlink yang bisa sobat dapatkan dari banyak tempat. Meski nilai backlink itu rendah sekalipun, tapi pastinya itu tetap bermanfaat untuk peningkatan nilai SEO blog sobat.

Kenapa harus mendapat Backlink dari Youtube?

Alasan kenapa saya sangat senang untuk mendapatkan backlink dari situs yang satu ini adalah karena :
1. Youtube adalah situs terbesar nomor 3 di dunia setelah Google dan Facebook.
2. Youtube adalah situs berpagerank 9.
3. Youtube adalah situs yang memiliki harga jual termahal kedua setelah Google.
4. Youtube adalah situs yang sering dikunjungi oleh Internet Surfer.

Jadi, bisa dibilang bahwa backlink dari Youtube adalah backlink yang sangat-sangat-sangatlah berkualitas. Selain itu, dengan menanamkan backlink di Youtube, tidak hanya backlink yang bisa didapatkan, tapi juga mungkin visitor mengingat seberapa banyaknya pengguna layanan situs sosial media berbasis video ini.

Bagaimana cara mendapatkan Backlink dari Youtube?

Berdasarkan apa yang telah saya praktekan dari ilmu-ilmu yang bertebaran luas di internet, saya menyimpulkan bahwa ada 3 cara yang bisa sobat lakukan untuk mendapatkan backlink dari Youtube.

1. Memasang Link Blog di Channel
  1. Silahkan sobat log in ke Youtube menggunakan akun Google yang sobat punya.
  2. Silahkan masuk ke Dashboard Youtube sobat, apabila akun sobat adalah akun baru, maka akan secara otomatis diperintahkan untuk membuat Channel, dan yang perlu sobat lakukan hanyalah mengikuti instruksi yang ada hingga Channel sobat selesai dibuat.
  3. Setelah itu silahkan klik icon pensil lalu klik Edit Links sesuai gambar 1.0 diatas.
  4. Selanjutnya sobat tinggal mengklik tombol "ADD" yang ada di kolom Custom Links.
  5. Selanjutnya isi kolom pertama dengan Nama Blog sobat dan kolom kedua dengan URL blog sobat.
  6. Terakhir silahkan klik tombol DONE atau SELESAI berwarna biru yang ada di bawah.
Ini adalah cara pertama untuk mendapat backlink dari Youtube. Dengan melakukan tips ini, sobat hanya akan mendapatkan backlink nofollow dari Youtube, tapi menurut saya pribadi, nilai backlink nofollow ini berbeda dengan backlink nofollow kebanyakan. Hal itu karena Youtube adalah website besar dan pastinya memiliki nilai plus untuk itu.

2. Memasang Link Blog Kalian di Komentar Youtube
Mungkin ini adalah cara yang paling mudah yang bisa sobat lakukan untuk mengkoleksi backlink dari Youtube, yaitu dengan memasang link sobat di kolom komentar Youtube. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan tips yang satu ini. Hal-hal ini pun saya pelajari dari pengalaman orang-orang yang sudah terlebih dahulu berburu backlink dari Youtube. Menurut mereka, untuk menggunakan tips ini kita harus memperhatikan beberapa hal, yaitu :
  1. Jangan memasang direct link langsung. Usahkan untuk menggunakan link shortener, dan jangan gunakan "http://". Saya kurang mengerti kenapa harus demikian, tapi karena itu berdasarkan pengalaman, saya memilih untuk mengikuti aturan tersebut. Terserah pada sobat ingin mengikutinya atau tidak.
  2. Jangan terlalu sering, karena jumlah yang over dapat berpengaruh sebaliknya pada kualitas backlink. Bukannya menjadi backlink yang berkualitas, malah menjadi link spam dan bernilai buruk.
Nah, dua aturan tersebut adalah aturan etik yang tidak tertulis dimanapun dan ditemukan berdasarkan pengalaman pribadi dari orang-orang yang sudah pernah menjajal tips ini. Dengan memanfaatkan tips yang satu ini, sobat dapat mengkoleksi pundi-pundi Backlink Dofollow dari Youtube. Ingat sob, DOFOLLOW! Bukan Nofollow. Jadi jelas sekali cara ini sangat bermanfaat sekaligus riskan. Karena kalau kita egois atau terburu-buru saja sedikit, link yang harusnya menjadi backlink malah berimbas pada DEINDEX. Kan sayang sekali kalau sudah seperti itu, jadi hati-hati ya sob?

3. Memasang Link Blog Kalian di Deskripsi Video
Cara yang satu ini bisa dibilang cara yang paling aman, paling menguntungkan sekaligus paling menguji kesabaran. Karena di cara yang satu ini, sobat harus mengupload sebuah video terlebih dahulu sebelum menyisipkan sebuah link yang nantinya akan menjadi backlink untuk blog sobat.

Caranya :
  1. Siapkan video yang akan sobat upload terlebih dahulu tentunya.
  2. Log in ke Youtube menggunakan akun Google sobat.
  3. Klik tombol Upload yang ada di bagian kanan atas layar sobat.
  4. Pilih video yang ingin sobat upload.
  5. Saat proses upload berlangsung, silahkan isi kolom-kolom yang tersedia seperti kolom Judul dan kolom Deskripsi.
  6. Pada bagian judul, silahkan sobat beri judul sesuai keinginan sobat namun juga yang berhubungan dengan video.
  7. Pada bagian deskripsi, silahkan sobat beri penjelasan tentang video yang sobat upload. Setelah itu, silahkan sobat beri 2 ENTER lalu kemudian sisipkan url blog sobat.
Yang membedakan cara ini dengan cara kedua adalah dengan cara ini sobat tidak perlu menggunakan shortener link dan sobat boleh menggunakan embel-embel "http://" dalam penulisan URL blog sobat. Namun meskipun demikian, backlink yang sobat dapatkan pun akan sama yaitu Dofollow Backlink. Tapi seperti yang saya katakan sebelumnya, perlu kesabaran untuk menjalankan tips yang satu ini karena untuk menanamkan satu backlink saja memerlukan waktu berjam-jam (untuk saya pribadi) untuk mengupload satu video. Tapi, cara aman yang satu ini layak dicoba.

Itulah beberapa Cara Mendapat Backlink dari Youtube yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini. Artikel ini saya susun berdasarkan pengalaman saya pribadi dalam berburu backlink dari Youtube dan juga dari hasil belajar dari beberapa sumber. Semoga bermanfaat dan dapat membantu sobat semua dalam berburu backlink berkualitas.

Anda mungkin menyukai postingan ini:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar