Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke Berlangganan Lompat ke footer

Cara Ubah Username Shopee di Handphone

Cara Ubah Username Shopee di Handphone - Jika kamu ingin mengganti username akun Shopee kamu namun kamu tidak tahu bagaimana caranya, silahkan kamu ikuti beberapa panduan berikut ini.

Alasan mengubah username Shopee

Sebelumnya mungkin kamu perlu ketahui beberapa alasan kenapa kamu memutuskan untuk mengganti username akun kamu. Berikut adalah alasan-alasan yang rasional dan bisa diterima:

  • Username sulit diingat karena otomatis dibuat oleh sistem saat mendaftar menggunakan nomor handphone.
  • Melakukan branding untuk produk dan toko ataupun re-branding toko.

Selain kedua alasan di atas, mungkin saja ada alasan lain kenapa kamu ingin mengganti username akun Shopee-mu.

Aturan tentang ganti username Shopee

Apapun alasannya kembali ke masing-masing saja. Namun, perlu diketahui bahwa ada aturan tertulis yang berbunyi:

Setiap pengguna Shopee hanya bisa melakukan pergantian username sebanyak satu kali.

Jadi, jika kamu sudah pernah melakukan pergantian username, kamu tidak akan bisa melakukannya lagi.

Meski begitu, ada beberapa kasus dimana kamu bisa mengganti username akun Shopee-mu lebih dari satu kali. Misalnya akunmu kena hack dan setelah kamu bisa mengambilnya kembali, kamu melapor dan meminta bantuan tim Shopee untuk mengubah kembali username akunmu yang sudah diganti oleh si hacker. Meski begitu, itu hanya berlaku untuk kasus-kasus tertentu saja.

Baik, saya harap kamu sudah sedikit paham tentang resiko dan tujuan mengganti username Shopee. Jika sudah paham, silahkan kamu ikuti salah satu cara mengganti username Shopee melalui aplikasi Shopee di handphone kamu.

1. Mengganti Username Shopee Melalui Menu Pengaturan

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk mengganti username akun Shopee-mu adalah melalui menu Pengaturan. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti penjelasan singkat berikut ini.

1. Buka aplikasi Shopee

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka aplikasi Shopee di handphone-mu. Pastikan kamu sudah login menggunakan akun yang ingin kamu ganti username-nya.

2. Masuk ke halaman Saya

Setelah itu, silahkan kamu masuk ke halaman Saya dengan menekan tombol menu Saya yang ada di pojok kanan bawah tampilan Shopee kamu.

3. Masuk ke menu Pengaturan

Setelah itu, silahkan kamu masuk ke menu Pengaturan dengan cara menekan icon mur yang ada di bagian pojok kanan atas halaman Saya.

4. Masuk ke menu Profil Saya

Di halaman Pengaturan ini, kamu akan menemukan banyak pilihan menu. Silahkan kamu langsung masuk saja ke menu Profil Saya yang harusnya ada di bagian teratas pilihan menu.

5. Tekan Bagian Username

Sampai di bagian ini, kamu akan melihat detail informasi tentang akunmu seperti email, nomor handphone, username dan nama profil yang digunakan. Silahkan kamu tekan saja bagian Username.

Pada tahap ini, jika kamu bisa masuk ke menu ubah Username, berarti kamu bisa lanjutkan ke langkah ke-6. Namun, jika tidak bisa, ada kemungkinan akunmu tidak bisa mengubah sendiri username dan kamu bisa coba cara kedua.

6. Ubah username sesuai kebutuhan

Pada tahap ini, saya anggap kamu bisa masuk ke menu ubah Username. Jika bisa, silahkan kamu ganti username akunmu sesuai kebutuhan. Jika sudah, sistem Shopee akan memeriksa username yang kamu masukkan, jika tersedia maka kamu bisa menekan tombol centang yang ada di bagian pojok kanan atas. Namun, jika tidak tersedia, maka kamu akan melihat notifikasi Username sudah digunakan berwarna merah yang berarti kamu harus menggunakan username lain.

Jika sudah selesai, kamu langsung tekan saja tombol centang yang ada dan selamat kamu sudah berhasil mengganti username kamu.

2. Mengganti Username Shopee Melalui Chat Support

Seperti yang saya katakan sebelumnya di langkah kelima cara 1, bisa jadi tombol menu username akun-mu tidak bisa ditekan. Jika hal itu terjadi, ada dua kemungkinan yang menjadi penyebab:

  • Akunmu sudah pernah melakukan pergantian username sebelumnya.
  • Ada error atau bug di aplikasi Shopee

Meski begitu, kamu masih bisa mencoba mengganti username akun Shopee-mu melalui chat Support. Untuk kamu yang mau mencoba cara ini, silahkan ikuti panduan berikut ini.

1. Buka aplikasi Shopee

Pertama, silahkan kamu buka aplikasi Shopee kamu dan pastikan kamu sudah login menggunakan akun yang ingin kamu ganti username-nya.

2. Buka halaman Saya

Langkah berikutnya, silahkan kamu langsung masuk ke halaman Saya dengan cara menekan tombol menu Saya yang ada di pojok kanan bawah tampilan aplikasi Shopee.

3. Tekan tombol Chat dengan Shopee

Di halaman Saya, kamu akan melihat banyak pilihan menu. Silahkan kamu gulir/ scroll ke bagian bawah sampai kamu menemukan menu Chat Dengan Shopee. Jika sudah ketemu, silahkan tekan menu tersebut untuk mulai chat.

4. Pilih Opsi Chat dengan Tim Shopee

Setelah itu, kamu akan masuk ke halaman chat dimana kamu akan disambut oleh pesan otomatis. Silahkan kamu cari Opsi Chat dengan Tim Shopee atau kamu bisa ketik manual: "Chat dengan Tim Shopee"

Lalu silahkan tunggu beberapa waktu sampai kamu mendapatkan pesan balasan dari salah satu tim Shopee. Pastikan kamu tidak menutup atau membuka aplikasi lain selama proses menunggu respon atau akan ada kendala komunikasi.

5. Minta Bantuan Untuk Ubah Username

Jika sudah mendapatkan balasan dari tim Shopee, silahkan minta bantuan ke tim Shopee yang membalas untuk melakukan penggantian username. Tim Shopee akan melakukan konfirmasi dan verifikasi untuk permintaan tersebut.

6. Konfirmasi dan Verifikasi

Selama chat, tim Shopee akan mengkonfirmasi beberapa hal seperti alasan mengganti username dan apakah kita pernah mengganti username sebelumnya atau tidak.

Selain itu, tim Shopee juga akan memverifikasi data kita seperti nomor handphone yang ditautkan, email, dan username lama.

7. Berikan Beberapa Opsi Username yang Diinginkan

Jika sudah melalui proses verifikasi dan konfirmasi, maka tim Shopee akan meminta detail username baru yang diinginkan. Sertakan beberapa pilihan kepada tim Shopee dengan skala prioritas.

Misalnya berdasarkan pengalaman saya pribadi, saya mengganti ninura.store menjadi:

  1. NinuraOfficial
  2. Ninura.Official
  3. NinuraOfficialStore

Dimana saya menempatkan NinuraOfficial di posisi pertama.

Tim Shopee akan mengkonfirmasi ketersediaan username, jika opsi pertama tidak tersedia, maka Tim Shopee akan memeriksa yang kedua dan begitu seterusnya.

Jika ternyata pilihan yang pertama masih tersedia, maka tim Shopee akan menggunakan username yang pertama sebagai pengganti username yang lama.

8. Tunggu balasan melalui email

Setelah itu, silahkan tunggu balasan dan hasilnya yang akan dikirimkan melalui email. Berdasarkan pengalaman saya pribadi, email dikirimkan sekitar 2x24 jam setelah saya request penggantian username.

Email yang diterima bisa merupakan konfirmasi pengubahan username berhasil atau gagal karena faktor ketersediaan. Jika gagal, silahkan ulangi lagi dari langkah pertama dengan menyertakan pilihan username yang berbeda dengan yang sebelumnya di request.

Itulah dia beberapa cara singkat dan mudah untuk mengubah username Shopee lewat aplikasi. Silahkan gunakan cara yang paling mudah menurutmu sendiri. Jika ada yang kurang jelas, silahkan tanyakan melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih dan sampai jumpa di tulisan saya lainnya.

Anda mungkin menyukai postingan ini:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar