Mengenal Hashtag Video YouTube dan Cara Mengoptimalkannya - Ninura
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengenal Hashtag Video YouTube dan Cara Mengoptimalkannya

Mengenal Hashtag Video YouTube dan Cara Mengoptimalkannya - Kali ini saya mau nyoba ngejelasin tentang fitur hashtag di video YouTube dan manfaatnya. Apakah temen-temen menggunakan fitur hashtag ini di video temen-temen? Kalau nggak, saying banget, loh. Mungkin temen-temen bisa mengoptimalkan jumlah views temen-temen dengan memanfaatkan fitur yang satu ini.

Kalau temen-temen baru tau dan pengen tau, yuk kita pelajari bareng tentang fitur ini.

Apa itu YouTube Hashtag?

YouTube hashtag adalah sebuah cara mudah untuk menemukan vidio-vidio tentang sebuah topik yang mau dicari/ dipelajari. Hashtag itu merupakan sebuah kata/ frasa yang bisa diclick dan diawali dengan tanda tagar (#) sebelumnya. Ini digunakan untuk menentukan topik, temen-temen.

Kalau orang klik hashtag itu, orang akan menemukan vidio-vidio yang topiknya kurang lebih mirip dengan topik dari hashtag itu. Dengan menggunakan hashtag, kita bisa dengan lebih mudah menemukan vidio yang kita cari tanpa perlu browsing dan melihat-lihat vidio yang nggak relevan atau nggak kita pengen dulu.

Gimana cara menemukan hashtag?

Di YouTube ada tiga cara menemukan hashtag dan masing-masing cara perlu temen-temen pahami dulu fungsinya. Caranya adalah:

  • Di deskripsi vidio
  • Di judul vidio
  • Di bagian Location

Gimana cara menggunakan hashtag?

Untuk nambahin hashtag caranya gampang kok temen-temen. Temen-temen hanya perlu untuk nambahin hashtags di bagian kolom deskripsi dan setelah mempublikasi vidio, hashtag itu akan muncul di bagian atas judul vidio temen-temen.

Oh iya, perlu temen-temen ketahui juga bahwa kita bisa menggunakan sampai 15 hashtag di setiap vidio-nya. Jadi temen-temen bisa manfaatin ini untuk masukin topik-topik yang sekiranya relevan, temen-temen.

Inget ya temen-temen, masukin topik-topik yang RELEVAN. Jangan asal-asalan atau nggak relevan karena itu sama aja temen-temen SPAMMING.

Temen-temen juga bisa masukin di bagian judul vidio, loh. Tapi nanti tampilannya agak sedikit beda. Bagian hashtag di judul vidio akan nampak beda warna, biasanya sih jadi warna biru dan bisa di-klik. Tapi kalau temen-temen pakai di bagian judul, maka yang di bagian atas vidio akan hilang.

Dan temen-temen juga bisa pakai location untuk nyimpen link tempat yang nantinya bisa dipencet dan relevan dengan vidio-vidio yang lokasinya sama dengan lokasi vidio temen-temen. Dan untuk fitur yang satu ini juga membuat hashtag kita yang ada di bagian deskripsi nggak muncul ya, temen-temen.

Kenapa harus pakai hashtag?

Kita sangat direkomendasikan untuk menggunakan hashtags di setiap vidio kita karena menurut para pakar itu bisa meningkatkan visibilitas pencarian. Dengan mengoptimalkan hashtag, vidio kita jadi berkemungkinan untuk muncul di beberapa kata kunci yang berhubungan dengan topik yang sama.

Menurut YouTube Creator Academy, menambahkan hashtag di bagian deskripsi bisa membantu penonton menemukan vidiomu. Hashtag sangat baik jika relevan dengan konten-konten yang sedang trending, acara yang akan datang, atau berita-berita yang sedang hot dibicarakan.

Gitu, temen-temen.

Belum lagi, hashtag mempermudah pengguna untuk menemukan vidio dan event yang menggunakan hashtag yang sama. Ini akan membantu mereka untuk melihat mana yang sedang viral.

Pada dasarnya, hashtag adalah alat penghemat waktu yang harusnya memberikan kenyamanan pada pengguna YouTube. Begitulah YouTube mengusahakan hashtag.

Tapi entahlah, pasti nantinya hashtag ini rusak fungsi awalnya karena para spammer.

Gimana menentukan sebuah hashtag untuk vidio?

Gampang kok temen-temen. Kalau misalnya temen-temen mau menemukan hashtag yang cocok, temen-temen bisa pakai formula ini:

  1. Nama Brand/ Channel
  2. Topik Populer yang Berhubungan Dengan Konten
  3. Lokasi

Contohnya gini: 

#YOLO #FUNNYVIDEOS #INDONESIA

Tapi pastiin untuk nggak lebih dari 15 hashtag ya, temen-temen. Optimalin aja di 3-5 hashtag per video biar nggak dianggap spamming sama pihak YouTube nya.

Kalaupun mau banyak banget, mentokin di 10 hashtag aja.

Untuk lebih detail lagi tentang gimana cara menemukan sebuah hashtag yang bagus untuk vidio kita, nanti saya jabarin di konten terpisah ya temen-temen.

Mungkin itu dulu yang bisa disampaikan tentang hashtag di YouTube. Seperti biasa, ambil baiknya, buang buruknya, dan tambahin kurangnya.

Semoga konten ini bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan saya lainnya.

NOTE

Informasi yang terdapat pada artikel di atas bersifat tidak tetap dan bisa saja tidak lagi valid sewaktu-waktu. Jika ada informasi baik teks, gambar ataupun media lain yang tidak sesuai (beda tampilan misalnya), silahkan beritahu melalui kolom komentar agar artikel di atas dapat di-update. Terima kasih.

Nisfa Nurfadilah Rachmaniar
Nisfa Nurfadilah Rachmaniar Halo, saya Nisfa. Saya adalah pengelola dari Ninura, sebuah online shop yang sekaligus media informasi dan hiburan melalui beberapa anak situsnya. Salam kenal, dan semoga betah di Ninura.

Berlangganan via Email