Perbedaan Website dan Blog - Ninura
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perbedaan Website dan Blog

Perbedaan Website dan Blog Serta Potensi Penghasilannya, Mana yang Lebih Menghasilkan? - Sampai sekarang masih banyak yang belum bisa membedakan antara website dan blog. Ada yang menganggap website itu blog yang lebih profesional, ada juga yang menganggap bahwa blog adalah website itu sendiri. Yang mana yang benar? Saya bakal coba paparkan apa yang saya tahu mengenai perbedaan website dan blog ini.

Apa itu website?

Mari kita mulai dari apa itu website. Agar lebih mudah, saya akan mengutip definisi dari Wikipedia tentang apa itu website. Menurut artikel di Wikipedia, website atau situs web adalah sekumpulan halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi.

Terlalu umum dan kurang jelas, ya?

Baik, akan saya coba sederhanakan.

Jadi, website adalah sebuah halaman yang berisikan beberapa link yang merujuk pada suatu informasi atau fungsi.

Contoh sederhananya website google.com

Link tersebut disebut website karena memuat sebuah fungsi search engine dan link yang merujuk ke beberapa halaman informasi dan produk lain milik Google.

Apa itu blog?

Blog atau weblog adalah sebuah fitur yang bisa digunakan untuk mengunggah konten berupa teks, gambar, video dan lainnya ke internet dan bisa diakses oleh orang lain. Pada awal kemunculannya, blog biasanya digunakan sebagai sarana curhat (diary) dan berbagi pendapat tentang suatu hal.

Seiring berjalannya waktu, fungsi dari blog mengalami pelebaran dan kini menjadi salah satu sarana publikasi informasi baik bagi individu ataupun perusahaan dan pemerintahan.

Perbedaan antara website dan blog

Jika dari definisi yang saya berikan di atas belum memberi gambaran jelas tentang perbedaan antara website dan blog, silahkan baca juga beberapa poin yang membedakan kedua hal tersebut.

1. Jenis halaman yang dipaparkan

Hal pertama yang membedakan antara website dan blog adalah dari halaman yang dipaparkan. Website cenderung menyajikan/ menampilkan konten statis dan accessible/ functional seperti adanya form, button dan lainnya yang biasanya memberikan fungsi tertentu bagi pengguna. Sedangkan blog menyajikan halaman berupa artikel atau konten yang sifatnya updated dan up-to-date.

2. Tampilan

Poin lain yang  menjadi pembeda adalah tampilan. Website biasanya menyajikan halaman yang sifatnya statis dan jarang melakukan update. Beberapa jenis yang biasa kita temukan yang tergolong website adalah landing page atau portfolio page. Selain itu, website biasanya tidak banyak mengandung laman.

Di sisi lain, blog mengutamakan informasi yang up to date. Tampilan lebih dinamis karena berisi banyak konten yang selalu berubah setiap waktu. Terlebih, blog biasanya memuat banyak halaman dengan informasi yang beragam dan bisa saja tidak berhubungan satu sama lain.

3. Fungsi

Dilihat dari fungsinya, kita pun bisa menemukan perbedaan antara website dan blog. Website biasanya memuat informasi-informasi terkait produk yang dimiliki oleh website tersebut dan menjelaskan tentang website tersebut. Misalnya website perusahaan mobil Mercedez Benz. Di websitenya hanya berisikan informasi terkait perusahaannya dan juga promo dan detail produk yang mereka miliki serta mungkin beberapa informasi terkait pencapaian, penghargaan ataupun pengumuman resmi dari Mercedez Benz.

Sedangkan blog bisa membahas beragam hal. Misalnya perusahaan mobil Toyota membuat blog. Maka konten yang disajikan di blognya bisa saja berisi informasi seputar perusahaan Toyota, produknya, ataupun konten yang berisi perbandingan kualitas antara produknya dengan produk pesaingnya.

4. Interaksi

Dilihat dari jenis interaksinya, website bersifat satu arah karena hanya berisi informasi mengenai suatu hal. Sedangkan blog bisa menjadi media yang lebih interaktif karena biasanya blog menyediakan kolom komentar di setiap kontennya yang membuat pengunjung blog bisa menaruh komentar dan berinteraksi dengan penulis di blog tersebut.

5. Gaya Penulisan

Salah satu perbedaan yang agak mencolok serta membedakan antara website dan blog adalah gaya penulisannya. Website biasanya dibuat dengan menggunakan bahasa yang formal dan tanpa menggunakan penyebutan orang pertama seperti "saya", "aku". Bahasa yang digunakan biasanya adalah pola kalimat tidak langsung. Andaipun ada kata penyebutan orang kedua, biasanya website menggunakan kata sebutan "Anda".

Di sisi lain, gaya penulisan di blog bersifat lebih personal sehingga konten yang dimuat bisa saja menggunakan kata sebut orang pertama seperti "saya", "aku" bahkan yang lebih bebas seperti "gue" dan "lo", Selain itu, blog biasanya menggunakan bahasa yang lebih interaktif ketimbang website yang harus to the point.

6. Pengelola

Website biasanya dikelola untuk tujuan branding dan juga mencari keuntungan sehingga biasanya dikelola oleh suatu organisasi ataupun perusahaan. Di lain sisi, blog bisa digunakan untuk sekedar berbagi pendapat dan cerita sehingga blog bisa saja dikelola oleh individu ataupun beberapa orang yang punya hobi beragam.

Kendati begitu, tidak menutup kemungkinan untuk website dan blog sama-sama mendapatkan keuntungan berupa monetisasi.

Pertanyaan yang sering membingungkan

Seringkali kita bingung ketika melihat portal berita dan bertanya: apakah portal berita itu blog atau website?

Saya akan ambil contoh Tribunnews. Portal berita tersebut adalah sebuah website karena beberapa alasan:

  • Dikelola oleh perusahaan atau korporasi dan bukan individu.
  • Gaya penulisan baku
  • Dibuat untuk mencari keuntungan.


Itulah penjelasan sederhana tentang perbedaan website dan blog. Semoga penjelasan sederhana ini bisa dimengerti. Jika ada yang kurang jelas, silahkan tanyakan melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan sampai jumpa di tulisan saya lainnya.

NOTE

Informasi yang terdapat pada artikel di atas bersifat tidak tetap dan bisa saja tidak lagi valid sewaktu-waktu. Jika ada informasi baik teks, gambar, link ataupun media lain yang tidak sesuai atau rusak, silahkan beritahu melalui kolom komentar agar artikel di atas dapat di-update. Terima kasih.

Nisfa Nurfadilah Rachmaniar
Nisfa Nurfadilah Rachmaniar Halo, saya Nisfa. Saya adalah pengelola dari Ninura, sebuah online shop yang sekaligus media informasi dan hiburan melalui beberapa anak situsnya. Salam kenal, dan semoga betah di Ninura.

Sitemap

Histats