Cara Membatalkan Pesanan yang Sudah Dikirim di Shopee - Ninura
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membatalkan Pesanan yang Sudah Dikirim di Shopee

Cara Membatalkan Pesanan yang Sudah Dikirim di Shopee - Pernahkah kamu berada di posisi ingin membatalkan pesanan di Shopee tapi pesanan kamu sudah diproses dan dikirim oleh penjual? Apakah pesanan kamu masih bisa dibatalkan? Berikut ini adalah jawaban untuk pertanyaan tersebut.

1. Tidak Bisa

Ya, secara umum, sesuai kebijakan dari Shopee, pesanan yang sudah diproses dan dikirim oleh penjual tidak bisa dibatalkan. Tombol pembatalan pesanan pun secara otomatis hilang dari menu transaksi pembeli.

Meski begitu, masih ada beberapa kemungkinan dan cara untuk membatalkan pesanan tersebut.

2. Negosiasi dengan Penjual

Kamu bisa membatalkan pesanan secara manual dengan cara bernegosiasi dengan penjual. Kamu bisa menggunakan fitur chat di aplikasi Shopee untuk melakukannya. Kamu bisa jelaskan alasan kamu ingin membatalkan pesanan kamu yang sudah diproses oleh penjual tersebut.

Umumnya, penjual akan merasa dirugikan dan menolak negosiasi tersebut.

Namun, di beberapa kasus, ada penjual yang membolehkan pembeli membatalkan pesanan asalkan pembeli berkenan mengirim kembali barang pesanan yang sudah sampai dan menanggung ongkos kirim balik. Selain itu, beberapa penjual juga memberi syarat untuk mengembalikan uang tidak sesuai nominal pembelian namun dikurangi biaya administrasi dari pihak Shopee sekirar 2-6% dari harga barang.

Jika kamu tidak keberatan dengan syarat-syarat tersebut, kamu bisa saja membatalkan pesanan kamu.

3. Bisa, Jika Barang yang Diterima Cacat atau Tidak Sesuai

Kamu juga bisa membatalkan pesanan yang sudah dikirim apabila barang yang diterima cacat. Kamu bisa melakukannya setelah barang yang dikirim sampai di tanganmu. Jika sudah, kamu hanya perlu memotret barang yang sudah sampai dan memperlihatkan cacat barang atau kesalahan yang terdapat pada produk. Dengan begitu, kamu bisa mengembalikan barang yang diterima ke penjual dan uangmu akan direfund ke akun ShopeePay-mu. Namun, cara ini hanya berlaku jika barang benar-benar cacat atau tidak sesuai pesanan kamu.

4. Bisa, Jika Pesananmu Menggunakan Metode Pembayaran COD

Cara ini bisa kamu gunakan untuk membatalkan pesanan kamu yang sudah dikirim oleh penjual asalkan pesananmu menggunakan metode pembayaran COD atau Cash on Delivery dimana kamu baru membayar ketika barang sampai. Kamu bisa saja menolak paket atau tidak membayar paket dengan memberi penjelasan kepada kurir. Kurir akan menandai paket pesananmu sebagai barang retur dan mengembalikan paketnya ke penjual. Cara sering dilakukan oleh pembeli karena alasan tidak ada uang untuk membayar paket. Meski menyakitkan bagi pihak kurir dan penjual jika barang diretur atau tidak dibayar, buktinya masih banyak orang yang melakukannya. Lakukanlah kalau kamu punya kondisi-kondisi tertentu yang membuat kamu tidak bisa menerima paket. Jangan disengaja, ya. Hargailah kurir dan penjual!

Itulah beberapa cara membatalkan pesanan yang sudah dikirim di Shopee. Semoga tulisan ini membantu dan bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas, silahkan tanyakan melalui kolom komentar. Terima kasih dan sampai jumpa di tulisan saya lainnya.

NOTE

Informasi yang terdapat pada artikel di atas bersifat tidak tetap dan bisa saja tidak lagi valid sewaktu-waktu. Jika ada informasi baik teks, gambar, link ataupun media lain yang tidak sesuai atau rusak, silahkan beritahu melalui kolom komentar agar artikel di atas dapat di-update. Terima kasih.

Nisfa Nurfadilah Rachmaniar
Nisfa Nurfadilah Rachmaniar Halo, saya Nisfa. Saya adalah pengelola dari Ninura, sebuah online shop yang sekaligus media informasi dan hiburan melalui beberapa anak situsnya. Salam kenal, dan semoga betah di Ninura.

Sitemap

Histats