Siklus Jadwal Pembayaran Google AdSense Untuk Blog - Ninura
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Siklus Jadwal Pembayaran Google AdSense Untuk Blog

Siklus Jadwal Pembayaran Google AdSense Untuk Blog - Untuk kamu yang mencoba peruntungan bersama Google AdSense di blog mungkin ada yang penasaran dan ingin tahu tentang jadwal pencairan saldo di Google AdSense. Beberapa di antara kamu juga mungkin ada yang bertanya-tanya sebenarnya bagaimana jadwal pembayaran Google AdSense untuk blog itu sebenarnya. Kali ini, saya akan mencoba menjelaskan mengenai hal tersebut berdasarkan pengalaman saya pribadi untuk pencairan perdana saya dari blog ini per tanggal 21 Mei 2021.

Jadwal Pencairan Google AdSense

Untuk pola pembayaran Google AdSense adalah sebagai berikut:

Jika kurang jelas, silahkan kamu baca penjelasan berdasarkan pengalaman pribadi saya berikut ini.

Tanggal 1-31

Selama periode tanggal 1-31 kamu akan melihat estimasi penghasilan blog kamu selama sebulan. Estimasi penghasilan tersebut bukanlah penghasilan bersih kamu melainkan perkiraan. Estimasi penghasilan tersebut masih mungkin berubah setelah pihak AdSense melakukan penyesuaian pada tanggal 1-3 bulan selanjutnya. Untuk yang belum tahu yang dimaksud dengan estimasi penghasilan, bisa lihat pada gambar di bawah ini:

Tanggal 1-3 Bulan Selanjutnya

Mulai tanggal 1 sampai tanggal 3 bulan berikutnya kamu akan menerima laporan transaksi yang sudah melalui proses penyesuaian. Biasanya ada pengurangan saldo karena adanya indikasi invalid traffic ataupun invalid click. Jumlah pengurangan tersebut pun tidak menentu. Bisa 0% namun tidak menutup kemungkinan 99%. Dari pengalaman pribadi saya selama nge-blog, pemotongan dari invalid traffic dan invalid click hanya berkisar di 8-10% saja. Namun, pernyataan ini tidak boleh dan tidak bisa dijadikan patokan, ya. Selanjutnya hasil dari penyesuaian itu akan masuk ke dalam balance atau saldo Google AdSense kamu yang bisa kamu lihat di halaman home atau payments akun Google AdSense kamu.

Tanggal 21 Bulan Selanjutnya

Jika saldo yang kamu peroleh dari hasil penyesuaian pada tanggal 1-3 lebih dari nilai minimum pencairan Google AdSense yaitu $100 atau Rp1.300.000 (satu juta tiga ratus rupiah), maka pada tanggal 21-nya kamu akan melihat detail pencairan otomatis di bagian transaksi seperti berikut ini.

Tak lama setelah kamu melihat detail tersebut, kamu akan menerima email berupa pemberitahuan bahwa saldo kamu telah ditransferkan ke rekening bank kamu.

Namun, jika saldo yang kamu peroleh dari hasil penyesuaian masih kurang dari minimum pencairan, maka saldo kamu akan mengendap di akun Google AdSense kamu dan ditambahkan dengan hasil perolehan kamu di bulan selanjutnya.

Tanggal 21-26 Bulan Selanjutnya

Jika kamu sudah memperoleh email pemberitahuan pencairan dari Google AdSense, yang perlu kamu lakukan adalah menunggu saldo tersebut masuk ke rekening kamu. Proses tersebut berlangsung dari tanggal 21 sampai tanggal 26 di bulan tersebut. Jika tanggal 21 jatuh pada hari Sabtu atau Minggu maka kemungkinan, saldo kamu baru akan diproses oleh bank pada tanggal 22 atau 23 yaitu pada hari Senin-nya. Itu pun jika tanggal 22-23 bukan hari libur nasional dimana bank tidak beroperasi.


Sepengalaman saya, saldo paling lambat cair ke rekening bank pada tanggal 25. Yang jelas, jika nomor rekening yang kamu masukkan sudah benar dan kamu sudah menerima email pemberitahuan maka kamu tidak perlu khawatir karena saldo pasti masuk ke rekening kamu di antara rentang waktu tersebut.

Jika sampai tanggal 26 lebih penghasilan kamu belum juga masuk ke rekening kamu, silahkan kamu lakukan konfirmasi ke pihak Google AdSense atau melalui Google AdSense forum. Untuk yang belum tahu caranya, saya akan jelaskan di konten saya selanjutnya.

Penutup

Itulah sedikit penjelasan tentang pola pembayaran Google AdSense dari awal hingga masuk ke rekening blogger/ publisher. Penjelasan di atas berdasarkan pengalaman saya pribadi selama bergabung menjadi publisher di Google AdSense. Jika ada yang kurang jelas atau salah, silahkan sampaikan melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih dan semoga membantu. Sampai jumpa di tulisan saya lainnya.

NOTE

Informasi yang terdapat pada artikel di atas bersifat tidak tetap dan bisa saja tidak lagi valid sewaktu-waktu. Jika ada informasi baik teks, gambar, link ataupun media lain yang tidak sesuai atau rusak, silahkan beritahu melalui kolom komentar agar artikel di atas dapat di-update. Terima kasih.

Nisfa Nurfadilah Rachmaniar
Nisfa Nurfadilah Rachmaniar Halo, saya Nisfa. Saya adalah pengelola dari Ninura, sebuah online shop yang sekaligus media informasi dan hiburan melalui beberapa anak situsnya. Salam kenal, dan semoga betah di Ninura.

Sitemap

Histats